PON XX Papua, Hamdan Gagal Podium dan Anjelina Peringkat Enam

Penulis: Redaksi

Mimika, Padangkita.com – Atlet atletik Sumatra Barat (Sumbar) Hamdan Sayuti gagal menyelesaikan lomba nomor marathon putra setelah mengalami cedera otot betis pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 yang berlangsung di Kuala Kencana, Mimika, Papua, Sabtu (8/10/2021).

Nasib kurang beruntung menimpa Hamdan saat perlombaan sudah menempuh jarak 8 kilometer. Atlet asal Kabupaten Sijunjung itu secara perlahan mulai tersingkir dari rombongan besar yang dipimpin atlet nasional Agus Prayogo asal Jawa Barat.

Meski mencoba memaksakan untuk terus menjalani perlombaan, namun kondisi atlet yang juara Jakarta Marathon itu terus merosot. Memasuki kilometer 24 dari 40,195 kilometer yang dijalani, Hamdan menyerah akibat rasa sakit yang dideritanya.

“Kaki sudah sangat sakit sekali, tumit tidak bisa dipijakkan, jadi mempengaruhi kecepatan bahkan sakitnya sampai ke paha seperti ditarik dari dalam,” kata Hamdan usai menjalani perawatan dari tim medis.

Ia menjelaskan, pada perlombaan ini ia menargetkan bisa podium dua atau meraih medali perak. “Baru kali ini tidak podium, mungkin kurang beruntung saja,” sebutnya.

Nomor marathon pada PON 2021 di Bumi Cendrawasih diraih oleh atlet Jawa Barat, Agus Prayogo. Sementara atlet asal Sumatera Utara Welman D. Pasaribu menyabet medali perak dan medali perunggu diraih atlet Kalimantan Selatan Muhammad Ady Saputra.

Sementara itu, atlet jalan cepat putri Sumbar, Anjelina Eka harus puas berada di peringkat enam dari delapan atlet yang bertanding pada nomor jalan cepat putri.

Baca juga: Kalah Lagi, Harapan Sumbar di Biliar Sisakan 2 Nomor Pertandingan

Pada nomor jalan cepat yang menempuh jarak 20 kilometer tersebut atlet dari Daerah Istimewa Yogyakarta Indah Lupita Sari menyabet medali emas, perak atlet Jawa Timur Ari Indah Aprilia, dan medali perunggu Halida Ulfah dari Kalimantan Selatan. (*/pkt)

Terpopuler