Polri Buka Pendaftaran Taruna Akpol

Penulis: Rio Irawan

Padang, Padangkita.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali membuka peluang bagi generasi muda untuk menjadi taruna/taruni Akademi Kepolisian (Akpol). Kali ini Polri bakal merekrut 250 orang, dengan rincian 220 untuk taruna (pria) dan 30 taruni (wanita).

Berdasar pengumuman yang dimuat pada laman penerimaan.polri.go.id, pendaftaran melalui online, selama 17 hari, sejak Sabtu (7/3/2020) hingga Senin (23/3/2020). Sementara verifikasi calon dan dokumen juga dijadwalkan selama 17 hari, sejak Senin (9/3/2020) hingga Jumat (27/3/2020).

Baca Juga

Bagi pelamar, selain syarat umum, juga mesti memenuhi syarat-syarat khusus. Syarat umum, antara lain warga negara Indonesia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, setia kepada NKRI, Pancasila, dan UUD 1945.

Sementara syarat-syarat khusus, antara lain, berijazah minimal SMA/MA jurusan IPA/IPS. Tidak berlaku bagi yang lulusan Paket A, B, dan C. Berumur minilmal 16 tahun dan maksimal 21 tahun saat pembukaan pendidikan. Tinggi badan untuk pria minimal 164 cm, dan wanita 163 cm.

Selain pendaftaran online, pelamar juga harus mengikuti verifikasi langsung di Polres atau Polda yang ditetapkan oleh panitia. Rekrutmen calon taruna dan taruni ini ditegaskan bebas dari pungutan biaya apa pun, dijamin tak ada KKN, sebagaimana ditulis dalam pengumuman yang ditandatangani oleh Karo Dalpers Polri Brigjend Polisi Eky Hari Festyanto.

Untuk tahu lebih lengkapnya, bagi yang berminat, dapat langsung mengunjungi link https://penerimaan.polri.go.id atau lihat langsung di Polda atau Polres. Selamat mencba. (ryo)


Baca berita Sumatra Barat hanya di Padangkita.com

Terpopuler