Polres Pasbar Semprot Jalanan dengan Water Canon

Pasaman Barat, Padangkita.com – Menindaklanjuti Maklumat Kapolri tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19), Polres Pasaman Barat melakukan penyemprotan cairan desinfektan menggunakan mobil water canon ke sejumlah jalanan di wilayah itu.

Kapolres Pasaman Barat, AKBP Fery Herlambang melalui Kepala Sub Bagian Humas, AKP Defrizal mengatakan, langkah ini merupakan salah satu upaya pencegahan COVID-19 yang dilakukan dalam membantu Pemerintah Daerah.

“Penyemprotan dilakukan dengan rute Polres Pasaman Barat-Simpang Pasaman Baru-Bundaran Simpang Empat-Simpang Kampung Cubadak-Jalan Jati-Simpang RSI Ibnu Sina Yarsi dan kembali ke Polres,” katanya di Simpang Empat, Rabu (25/3) sore.

Ia menerangkan, kegiatan ini langsung dibawah komando Kasat Sabhara AKP Edi Yunasri. Selain melakukan penyemprotan pihaknya juga melakukan imbauan kepada masyarakat dengan pengeras suara untuk tetap menjaga kebersihan.

“Warga juga dilarang mendatangi lokasi-lokasi keramaian atau perkumpulan massa dalam jumlah banyak dan juga diminta agar tidak panik dan tetap mengikuti anjuran pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona ini,” lanjut Defrizal.

Jangan terpancing dengan berita hoax atau informasi yang tidak jelas narasumbernya dan agar tetap tenang dan waspada.

Defrizal mengatakan, pihaknya bersama Pemerintah Daerah terus berupaya meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dan telah melakukan langkah-langkah antisipasi.

“Jaga kebersihan diri dan lingkungan. Jaga jarak dengan warga yang batuk dan selalu pakai masker apabila berada di keramaian. Semoga Virus Corona ini tidak sampai ke Pasaman Barat,” ungkapnya.

Relawan Koalisi Masyarakat Pesisir Selatan membagikan sebanyak 2.500 lembar masker kepada pengendara mobil dan motor di Kota Painan, Pesisir Selatan, Sabtu (21/3/2020). Pembagian masker tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19) di Kabupaten Pesisir Selatan.

Ketua Relawan Koalisi Masyarakat Pesisir Selatan Toni Mardianto mengatakan, kegiatan pembagian masker gratis tersebut sebagai salah satu bentuk kepedulian relawan kepada warga Pesisir Selatan dalam pencegahan antisipasi penyebaran COVID-19.

Dalam beberapa hari terakhir ini masyarakat di Pesisir Selatan kesulitan dalam memperoleh masker. “Kegiatan bagi-bagi masker ini adalah bentuk upaya kita bersama untuk melakukan pencegahan virus corona,” kata Toni kepada Padangkita.com, Minggu (22/3/2020). (rom)


Baca Berita Pasaman Barat hanya di Padangkita.com