Polres Bukittinggi Pakai GeNose, Diutamakan untuk Personel di Lapangan

Penulis: Agg

Berita Bukittinggi hari ini dan berita Sumbar hari ini: Polres Bukittinggi mulai menggunakan alat deteksi virus Corona (Covid-19) GeNose atau Gadjah Mada Electronic Nose.

Bukittinggi, Padangkita.com – Polres Bukittinggi mulai menggunakan alat deteksi virus Corona (Covid-19) GeNose atau Gadjah Mada Electronic Nose. GeNose adalah alat yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) yang mampu mendeteksi Covid-19 melalui hembusan napas.

Alat ini akan digunakan untuk personel Polres Bukittinggi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga rentan terpapar Covid-19. Penggunaan alat ini atas inisiatif Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara.

Bertempat di aula Mapolres Bukittinggi, Dody Prawiranegara langsung me-launching penggunaan alat GeNose, Kamis (1/4/2021). Hadir pada acara ini Forkompinda Bukittinggi, Wakapolres Bukittinggi Kompol Indra Sandy Purnama Sakti, para Kabag Polres Bukittinggi, serta Kapolsek.

Launching GeNose mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi.

“Pemko mengapresiasi respons cepat Polres Bukittinggi mendatangkan alat GeNose. Karena dengan alat ini, dapat mendeteksi secara cepat seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak, positif lemah atau positif kuat,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bukittinggi, Vera Maya Sari.

Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara mengatakan, pengadaan alat GeNose ini sebagai bentuk tindak lanjut dari perintah Presiden terkait testing, tracing, dan treatment (3T) dalam penanganan Covid-19.

Baca juga: Dorong Penggunaan GeNose di Bandara, Ini Permintaan Andre Rosiade ke Menteri BUMN

“Kita upayakan untuk pengadaan alat GeNose ini. Nantinya, alat ini untuk awal akan digunakan terhadap pemeriksaan personel Polres, Kodim, Pol PP dan petugas di lapangan. Berkerja sama dengan Dinas Kesehatan nanti alat ini juga kita bisa dipergunakan untuk melakukan testing kepada masyarakat yang dipilih secara acak di lokasi tertentu seperti lokasi wisata dan lokasi lainnya,” kata Dody. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler