Polisi Penjinak Bom Amankan Sejumlah Gereja di Padang Saat Malam Misa Paskah

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Ratusan polisi bersenjata lengkap dan berpakaian bebas amankan sejumlah Gereja di Kota Padang.

Padang, Padangkita.com – Ratusan polisi bersenjata lengkap dan berpakaian bebas disebar ke sejumlah Gereja di Kota Padang mengamankan pelaksanaan ibadah malam Misa Paskah, Kamis (1/4/2021).

Pantauan Padangkita.com di Gereja Katedral Santa Theresia Padang dan Gereja Banua Niha Keriso Protestan (BNKP) Padang, semua perimeter rumah ibadah terlihat diperiksa polisi dari Penjinak Bom (Jibom) Ksatriaan Brigade Mobile (Satbrimob) Polda Sumbar.

Sejumlah petugas tersebut terlihat memakai seragam warna hitam. Dua pasukan memegang senjata laras panjang jenis Bull Pup, dan ada yang memegang alat detonator, kemudian mendata. Sementara ada yang menjadi pengarah, kemudian ada yang memegang senter.

Pemimpin Umat (Prodiakon) Paroki Katedral Padang, Stefanus Sidabutar mengaku sangat terbantu dengan pemeriksaan ini lantaran karena ada isu-isu teroris yang mencuat belakangan. Terbaru, polisi terpaksa menembak mati seorang perempuan berinisial ZA yang menerobos masuk area Mabes Polri pada Rabu (31/3/2021).

“Semua gereja memang diperiksa, mulai dari ruangan misa, altar hingga sudut ruangan lainnya, memang sedikti diperketat sejak (kejadian) bom di Makassar itu,” kata Stefanus saat ditemui Padangkita.com di Gereja Katedral Padang.

Stefanus mengatakan, petugas dengan senjata laras panjang juga memeriksa semua pengunjung yang datang ke Gereja dalam kegiatan Malam Misa Paskah atau yang dikenal Misa Kamis Putih.

“Ada dua proses yang dilakukan, pertama adalah pembasuhan kaki, namun karena pandemi, ritual itu tidak dilaksanakan. Kedua, perjamuan Kudus, proses peringatan Paskah ini dinamakan Rabu Abu, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah,” ungkapnya.

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Ratusan polisi bersenjata lengkap dan berpakaian bebas amankan Gereja di Kota Padang.
Pengamanan Gereja Katedral Katedral Santa Theresia Padang oleh petugas berpakaian lengkap dengan senjata laras panjang. [Foto: Aidil/Padangkita.com]
“Untuk Misa malam ini dipimpin oleh Pastor Ganda Jaya Nababan, dimulai dari pukul 18.00 WIB hingga 20.00 WIB,” sambungnya.

Untuk ummat Katolik sendiri di Padang enam gereja yang melakukan Misa Kamis Putih, yakni Gereja Katedral Santa Theresia di Jalan Bundo Kanduang dan Gedung Bergamin di jalan Gereja.

Kemudian, Santo Yusuf Keuskupan Padang di Jalan, Arif Rahman Hakim di Pondok, Gereja Katolik St Maria Bunda Yesus Tirtonadi di Kampung Batu, Gereja Katolik St Fransiskus Assisi di Jalan Jenderal Sudirman. Selain itu Gereja BNKP di Jalan Karya juga ikut melakukan kebaktian Kamis Putih.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, pengamanan gereja ditingkatkan sebagai bentuk antisipasi agar kejadian di Makassar tidak terulang lagi.

Baca juga: Gubernur Sumbar Mahyeldi Kutuk Aksi Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar, Minta Polisi Ungkap Tuntas Agar Tak Jadi Fitnah

Namun, Satake tidak merinci secara detail jumlah personel kepolisian yang dikerahkan “Pengamanan seperti biasa, namun lebih ditingkatkan lagi,” katanya. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist