Polda Sumbar Periksa Presma BEM KM Unand Terkait Poster Jokowi di Instagram

Padang, Padangkita.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) memeriksa Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas (BEM KM Unand), Arsyady Walady Sinaga.

Hal tersebut terkait unggahan BEM KM Unand di media sosial Instagram yang dinilai menghina Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Intinya kita membenarkan. Ini berdasarkan informasi. Kita melakukan klarifikasi. Ketuanya (Presma BEM KM Unand) sudah kita periksa kemarin,” ujar Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Rabu (20/6/2022).

Selain itu, pada Jumat (24/6/2022), Polda Sumbar juga menjadwalkan pemanggilan terhadap pengurus BEM KM Unand yang lain, yakni penulis postingan tersebut dan bagian IT-nya.

Pemanggilan tersebut berkaitan dengan postingan BEM KM Unand di Instagram mereka yang menampilkan wajah Presiden Jokowi diedit bak Badarawuhi, sosok penari di film KKN di Desa Penari.

Saat ditanyakan apa pasal yang dikenakan, Satake menjawab, “Ini kan baru sebatas klarifikasi. Mereka diperiksa untuk klarifikasi sebagai sebagai saksi.”

Sebelumnya, BEM KM Unand mengunggah postingan yang berisi kritikan pengesahan Undang-undang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan dari akun Instagram milik mereka, @bemkmunand.

Di postingan tersebut, BEM KM Unand menampilkan wajah Presiden Jokowi diedit bak Badarawuhi, sosok penari di film KKN di Desa Penari. Tidak hanya itu, BEM KM Unand juga memajang foto Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI, Puan Maharani sebagai pengiring penari.

BEM KM Unand juga menuliskan “Kegagapan, Kenakalan dan Ngeyelnya Pemerintah di Indonesia” atau disingkat KKN sebagai kritikan yang ditujukan ke pemerintah.

Baca Juga: Diintimidasi dan Akun Instagram Presma Diretas, BEM KM Unand Take Down Postingan Kritik Jokowi

Namun, postingan itu ditayangkan pada Rabu (25/5/2022) sekitar pukul 11.00 WIB, lalu diturunkan pada malam harinya. BEM KM Unand kembali mengunggah postingan tersebut beberapa hari kemudian dengan substansi isi tetap sama, tetapi dengan sedikit mengubah halaman depan. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist