Antisipasi Pemudik yang Curi Start, Polda Sumbar Percepat Penyekatan Wilayah Perbatasan

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Rina Akmal

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Penyekatan di wilayah perbatasan Sumbar dipercepat, besok mulai diberlakukan.

Padang, Padangkita.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) mempercepat penyekatan wilayah perbatasan untuk mengatisipasi adanya pemudik yang mencuri start untuk mudik Lebaran 2021 Hijriah. Diketahui, bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar melarang adanya mudik atau perjalanan orang lintas provinsi untuk lebaran tahun ini.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Satake Bayu Setianto mengatakan, setidaknya Senin (25/4/2021) pos penyekatan sudah didirikan.

Ia mengaku sudah Polres jajaran yang ada di wilayah perbatasan untuk segera berkoordinasi dengan Pemda setempat.

“Tapi beberapa daerah sudah ada yang mulai mendirikannya hari ini,” kata Satake kepada Padangkita.com, Minggu (25/4/2021).

Satake mengatakan, penyekatan lebih awal dilaksanakan dari jadwal semula yang akan dilakukan pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang. Penyekatan ini akan berlangsung Senin besok hingga 24 Mei 2021.

Kata Satake, keputusan itu sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat yang mempercepat larangan mudik menjadi 22 April hingga 24 Mei 2021.

“Larangan mudiknya kan dipercepat, makanya itu (pos penyekatan) segera kami bangun,” katanya.

Terhitung Senin besok pihaknya mulai menempatkan personel di pos penyekatan tersebut untuk mengawasi mobilitas masyarakat dan mengecek setiap kendaraan yang akan ke luar-masuk Sumbar.

“Setiap kendaraan yang masuk ke Sumbar itu akan diperiksa, dari surat-surat atau dokumen kesehatannya hingga protokol kesehatannya,” sebut Satake.

Perlu diketahui, Polda Sumbar menyiapkan 10 pos penyekatan yang tersebar di tujuh kabupaten di Sumbar yang berbatasan langsung dengan provinsi lainnya. Setiap pos penyekatan, pihaknya akan menempatkan sejumlah personel.

Polda Sumbar menerjunkan 1.300 personel untuk mengawasi dan mengamankan jalannya lebaran Idulfitri.

Baca juga: Soal Mudik Lokal, Wagub Sumbar: Senin Besok Diputuskan

Personel tersebut juga disebar di 56 pos pelayanan dan pengamanan yang didirikan di seluruh daerah di Sumbar. [rna]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler