Polda Sumbar Pastikan Tak Ada Larangan Mudik Lokal

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Rina Akmal

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Bagi pemudik yang datang dari luar Sumbar akan diinstruksikan untuk putar balik

Padang, Padangkita.com– Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) pastikan tak ada larangan mudik lokal atau antar kabupaten/kota di Sumbar.

“Ada penyampaian dari Gubernur bahwa mudik antar kabupaten/kota itu tidak masalah,” kata Kabid Humas Polda Sumbar Satake Bayu Setianto kepada Padangkita.com, Kamis (23/4/2021).

Satake mengatakan, Polda bersama Forkopimda Provinsi Sumbar sepakat untuk melarang adanya masyarakat yang mudik ke luar-masuk Sumbar untuk sementara waktu.

Untuk mengantisipasi mobilitas mudik masyarakat baik yang masuk atau ke luar dari wilayah Sumbar, Polda Sumbar mendirikan pos penyekatan di wilayah perbatasan.

“Ada 10 pos penyekatan yang kami dirikan ditujuh daerah yang berbatasan dengan provinsi lainnya,” kata Satake.

Kata Satake, untuk aktivitas mudik antar kabupaten/kota di Sumbar, pihaknya juga telah menyiapkan 40 pos penyekatan di masing-masing perbatasan antar daerah.

Pos penyekatan tersebut fungsinya sama dengan 10 pos penyekatan yang didirikan di wilayah perbatasan dengan provinsi lain, yaitu memantau dan menindak pemudik yang melewati pos tersebut.

“Pos tersebut kami dirikan di 15 kabupaten/kota. Karena mudik lokal diperbolehkan, maka pos tersebut dialihkan menjadi pos pengamanan dan pelayanan,” katanya.

Baca juga: Peringati Hari Bumi 2021, Walhi Sumbar Tebar Eco Enzyme di Sepanjang Banjir Kanal Kawasan Jati

Sementara, bagi pengendara yang nekat menerobos pos penyekatan perbatasan antar provinsi baik masuk atau pun ke luar Sumbar pihaknya akan menyuruh untuk balik arah. [rna]

Baca berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler