Polda Sumbar Gelar Operasi Zebra Singgalang Pekan Depan, Ini Prioritasnya

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) akan menggelar Operasi Zebra pada bulan November 2021 ini.

Operasi dengan sandi Singgalang ini akan berlangsung selama dua pekan, mulai 15 hingga 28 November 2021, di eluruh Polres di Sumbar.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan, Operasi Zebra Singgalang kali ini cukup berbeda dengan operasai yang sebelumnya.

Pada Operasi Zebra Singgalang tahun ini, pihaknya lebih mengutamakan sosialisasi terhadap masyarakat terkait peraturan lalul intas serta protokol kesehatan dan soal vaksinasi.

Soal lalu lintas pihaknya tidak memperioritaskan upaya penegakan hukum berupa tilang namun lebih ke pencegahan kecelakaan lalu lintas dan penguraian kemacetan.

“Namun apabila ada pengendara yang berisiko tinggi terhadap keselamatan pengendara lain, tetap akan ditindak untuk ditilang,” ujar Satake di Mapolda Sumbar, Kamis (11/11/2021).

Satake menyebut, dengan digelarnya Operasi Zebra Singgalang ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam keselamatan berlalu lintas dan menerapkan protokol kesehatan.

“Terutama menggunakan masker dan tidak berkerumun. Nanti kita juga akan menyosialisasikan pentingnya vaksin agar masyarakat mau divaksin,” terang Satake.

“Mungkin bisa saja nanti kami akan mengecek apakah dia (pengendara) sudah vaksin atau belum. Kalau belum kita ajak untuk vaksinasi tapi tetap tidak ada pemaksaan,” ulasnya.

Baca juga: Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra Ungkap Penyebab Kapolres Pasaman Dicopot

Sekadar diketahui, Operasi Zebra ini diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia dengan sandi dan prioritas berbeda setiap wilayah. [mfz/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist