Pokdarwis Pesona Sumpu Masuk 5 Besar Apresiasi Pokdarwis Sumbar 2021

Penulis: Zulfikar Efendi

Batusangkar, Padangkita.com – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Sumpu, Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan masuk 5 besar dan dinyatakan lulus verifikasi dalam ajang Apresiasi Pokdarwis 2021 tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Podarwis Pesona Sumpu masuk 5 besar setealh bersaing dengan 36 Pokdarwis se-Sumbar.

Ketua Tim Penilai Apresiasi Pokdarwis 2021 Sumbar, Joni Mardianto mengatakan, apresiasi terhadap Pokdarwis bertujuan untuk menggiatkan dan memotivasi penggiat wisata untuk tetap beraktivitas di tengah Pandemi Covid-19.

“Kita berharap ajang ini bisa memacu agar sektor kepariwisataan tetap berjalan dan bertahan, sehingga juga berdampak terhadap ketahanan ekonomi masyarakat, terutama yang bersinggungan langsung dengan sektor pariwisata,” ujarnya dikutip dari rilis yang diterbitkan di Fanpage Humas Tanah Datar, Minggu (5/9/2021).

Menurut Joni, dari 254 Pokdarwis yang terdaftar di Sumbar dan 35 Pokdarwis yang lulus verifikasi untuk mengikuti ajang ini, Pokdarwis Pesona Sumpu dinilai layak masuk dalam 5 besar.

“Atas dasar itulah, tim saat ini turun langsung lakukan verifikasi, sehingga bisa diperoleh data dan fakta yang lebih akurat lagi. Kunjungan ke Sumpur ini merupakan kunjungan terakhir dari 5 Pokdarwis yang masuk 5 besar,” ungkapnya.

Menurut Joni, ada 38 aspek dan indikator yang dinilai, mulai dari legalitas, AD/ART, kepengurusan, program kerja, SOP, pelaporan keuangan, profil kelompok, data sampai fasilitas pendukung lainnya seperti home stay dan toilet.

“Sektor pariwisata salah satu elemen yang bisa membantu peningkatan ekonomi kemasyarakatan, dan melihat Pokdarwis yang masuk 5 besar kita melihat dukungan masyarakat, ninik mamak, alim ulama, bundo kanduang dan lainnya sangat tinggi, inilah salah satu kunci untuk keberlangsungan kepariwisataan di daerah kita,” ucapnya.

Untuk Pokdarwis Pesona Sumpu, kata Joni, tim melihat Pokdarwis itu mempunyai autentik yang luar biasa dan perlu menyiapkan sebuah literasi informasi kepada wisatawan yang datang.

“Nagari Sumpur ini ternyata mempunyai kekayaan alam, budaya, kuliner,kesenian dan keramahtamahan yang luar biasa. Semoga bisa dikelola dengan baik,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Pesona Sumpu, Zuherman mengatakan, prestasi yang diraih Pokdarwis merupakan hasil dukungan berbagai elemen dan masyarakat dan Nagari Sumpu.

Baca juga: Pokdarwis Apar Masuk Nominasi Lomba Apresiasi Pokdarwis Tingkat Provinsi

“Alhamdulillah, berkat dukungan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, penggiat wisata, tokoh masyarakat, alim ulama, ninik mamak dan lainnya, kita memperoleh prestasi 50 desa wisata terbaik di Indonesia dan Pokdarwis menjadi 5 besar tingkat Sumbar,” kata Zuherman. [*/zfk]

Terpopuler