PNP Sebut Masyarakat Banyak Tak Tahu Gelar D-IV Setara S-1

Penulis: Muhammad Aidil

Padang Panjang, Padangkita.com – Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Padang (PNP) Yuhefizar mengatakan masih banyak masyarakat tidak mengetahui jika Diploma IV (D-IV) setara dengan Strata 1 (S-1).

Dia menjelaskan PNP merupakan lembaga pendidikan vokasi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, dan memiliki program yang setara dengan S-1 yaitu D-IV.

“Kami di politeknik sudah ada itu. Intinya kami sampaikan bahwa D-IV itu setara dengan S-1. Ini juga berkaitan dengan penerimaan pegawai baru untuk Aparatur Sipil Negara (ASN),” katanya di Kota Padang Panjang, Rabu (9/6/10).

Di satu sisi, kata Yuhefizar, pihaknya diminta untuk melakukan perubahan dari D-III ke D-IV oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Riset Teknologi (Ristek).

“Beberapa pengguna yang akan menggunakan lulusan perguruan tinggi masih belum paham tentang D-IV, ini butuh sosialisasi,” katanya.

Sementara itu, Asisten III Sekretariat Daerah Kota Padang Panjang, Martoni mengatakan pihaknya tidak menutup kemungkinan akan membuat perjanjian kerja sama di bidang pendidikan D-IV.

“Tidak menutup kemungkinan untuk itu. Kami sampaikan ke wali kota,” katanya.

Saat ini, program D-IV di PNP di antaranya, D-IV Bidang Rekayasa, D-IV Teknik Elektronika, D-IV Teknik Manufaktur, D-IV Perencanaan Teknik Irigasi dan Rawa, D-IV Perencanaan Jalan dan Jembatan.

Kemudian, D-IV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, D-IV Rekayasa Instalasi Listrik, D-IV Manajemen Rekayasa Konstruksi, dan D-IV Telekomunikasi.

Baca Juga: Cerita Guru SMAN 3 Padang Panjang Raih 2 Penghargaan Internasional Sekaligus

Lalu, D-IV Tata Niaga seperti D-IV Akutansi dan D-IV Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional. [adl/fru]



Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler