PMI Pasbar Bantu Korban Kebakaran di Tanjung Pangkal

Penulis: Isran Bastian

Simpang Empat, Padangkita.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terus melakukan aksi cepat tanggap dan aksi kemanusiaan. Hal itu dibuktikan dengan mendatangi langsung korban kebakaran yang terjadi Jumat (28/1/2022) siang di Jorong Tanjuang Pangka, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman. 

Di sela kesibukannya sebagai Wakil Bupati, Ketua PMI Pasaman Barat Risnawanto mendatangi korban kebakaran Siam, sekaligus menyerahkan bantuan darurat berupa peralatan rumah tangga dan pakaian layak pakai bersama tim PMI ke lokasi kebakaran, Jumat (28/1/2022) malam.

Risnawanto mengatakan, aksi kemanusiaan tersebut merupakan bentuk duka mendalam atas musibah yang menimpa keluarga Siam, sehingga rumahnya habis terbakar tanpa meninggalkan apapun.

“Kita datang ke sini untuk melihat bagaimana langkah kita kedepan untuk membantu saudara kita yang ditimpa musibah. Kita akan sampai kepada pemerintah daerah setempat camat dan wali nagari bagaimana rumah masyarakat yang terbakar ini bisa di bangun kembali,”kata Risnawanto.

Ia menambahkan, kepedulian PMI dan aksi cepat tanggap itu untuk mengobati duka mendalam dari keluarga yang mengalami musibah. Karena harta benda dari masyarakat itu tidak ada yang tersisa.

“Penuturan dari masyarakat kita ini, semua hartanya habis ludes terbakar. Tidak ada yang tersisa,”katanya.

Ia meminta masyarakat Pasaman Barat agar lebih berhati-hati dalam penggunaan jaringan listrik. Bisa saja suatu saat jaringan listrik tersebut konslet dan menyebabkan kebakaran.

Baca Juga : 100 Anak Penyu Dilepas di Pantai Maligi Pasbar, Ini Harapan Wabup Risnawanto

“Apalagi rumah semi permanen, akan mudah terbakar. Untuk itu, mari kita lebih hati-hati di dalam penggunaan alat listrik di rumah. Kejadian ini kata masyarakat terjadi akibat konslet dari kulkas,” jelas Risnawanto. [rom/Pkt]

Terpopuler

Add New Playlist