Pessel Umumkan Seleksi Terbuka Lelang Jabatan Sekretaris Daerah

Penulis: Redaksi

Painan, Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel) mengadakan lelang jabatan melalui seleksi terbuka untuk mengisi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda).

Secara resmi, lelang jabatan tersebut telah diumumkan oleh Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Pansel JPT Sekda) Kabupaten Pesisir Selatan No. 800/01/PANSEL-JPT-SEKDA/IX/2021.

Berdasarkan pengumuman itu, pendaftaran seleksi dilaksanakan mulai tanggal 8-14 September 2021. Berkas pendaftaran diantarkan langsung ke Sekretariat Pansel JPT Sekda di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pessel paling lambat tanggal 14 September 2021 pukul 16.00 WIB.

Kepala BKPSDM Kabupaten Pesisir Selatan, Yespi Nawiarsih mengatakan, selain persyaratan umum, juga ada syarat khusus. Antara lain, pelamar sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Tk. I (IV/b), dan diutamakan yang telah mengikuti dan lulus Diklat Kepemimpinan tingkat III.

Yespi menyebutkan pengumuman seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah dapat dilihat pada website resmi www.pesisirselatankab.go.id dan www.bkpsdm.pesisirselatankab.go.id.

“Pengumuman dimuat di website resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dan BKPSDM. Kami juga menyediakan layanan contact person pada sekretariat panitia seleksi,” ujar Yespi

Ia menjelaskan, kriteria penilaian dan metode penilaian berdasarkan pada beberapa hal. Pertama, nilai rekam jejak bobot 20%, penulisan makalah bobot 20%, assessment bobot 25 %, wawancara akhir bobot 35%. Passing grade atau ambang batas kelulusan secara kumulatif di atas nilai 70 (bobot 1-100).

Hasil seleksi terbuka diumumkan tanggal 27 September 2021. Setelah itu dilaporkan ke Bupati, Gubernur dan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Pelantikan tanggal 6 Oktober 2021,” kata Yespi.

Sekadar diketahui, Sekda Pessel yang definitif terakhir dijabat oleh Erizon. Bupati Hendrajoni waktu itu memberhentikannya, karena persoalan netralitas dalam Pilkada. Erizon nonaktif terhitung 12 Januari 2021.

Baca juga: Uji Kompetisi Camat di Pessel Tahun 2021 Ditiadakan, Anggaran Dialihkan untuk Pengendalian Covid-19

Jabatan Sekda Pessel kemudian diisi oleh Pelaksana harian atau Plh. Muskamal. Pada 7 April 2021, Muskamal digantikan lagi oleh Penjabat (Pj) Sekda Emirda Ziswati. Hanya tiga bulan, persisnya 12 Juli, Luhur Budianda kemudian dilantik Bupati Rusma Yul Anwar menggantikan Emirda. (*/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist