Peserta KML Gerakan Pramuka Upacara Hari Pahlawan dan Tabur Bunga

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Peserta Kursus Mahir Lanjut (KML) Gerakan Pramuka 0317 Pasaman Barat upacara peringatan hari pahlawan dan tabur bunga di Bumi Perkemahan PTPN VI Ophir, Kecamatan Luhak Nan Duo, Rabu (10/11/2021) pagi.

Upacara diikuti oleh seluruh peserta KML dan korps pelatih Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 0317 Pasaman Barat, majelis guru dan para siswa-siswi SDN 20 Luhak Nan Duo.

“Pada peringatan hari pahlawan ini kita selaku anggota pramuka turut serta memperingatinya dengan kegiatan upacara serta melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Jambak,” kata Sahrul Rozi selaku Inspektur Upacara kepada Padangkita.com, Rabu (10/11/2021) sore.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari mengenang jasa-jasa para pahlawan. Sebab, bagaimanapun juga pahlawan telah memberikan inspirasi, tidak hanya kepada diri dan keluarga, juga bangsa Indonesia.

“Hari pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja. Namun lebih dari itu, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawa untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua,” ujarnya.

Ia menyampaikan, sebagaimana tema Hari Pahlawan tahun 2021 yaitu “Pahlawanku Inspirasiku”, maka menurutnya apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka.

Ia melanjutkan, jika dahulu para pahlawan berjuang dengan mengangkat senjata, maka saat ini bangsa Indonesia berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa.

Seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba dan termasuk berjuang melawan wabah Covid-19 yang saat ini melanda dunia.

“Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, peringatan hari pahlawan tahun 2021 diharapkan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa, untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa,” tegasnya.

Nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong-royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap insan anggota Pramuka Indonesia.

Baca juga: 2 Siswi SMPN Pasaman Barat Wakili Sumbar di Kompetisi Sains Nasional

“Semangat kepahlawanan yang terus menyala, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini dan siapapun bisa jadi pahlawan untuk negeri ini,” pungkasnya. [rom/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist