Perubahan Kondisi Cuaca, Bupati Pessel Minta Warganya Waspada

Penulis:
Bupati Pessel, Hendrajoni (baju putih) (Foto: humas pemkab)

Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menghimabau masyarakatnya agar selalu waspada terhadap kondisi cuaca yang terjadi beberapa hari belakangan ini.

Hujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah daerah di Sumatera Barat, termasuk Pesisir Selatan tiga hari terakhir.

Bupati Pessel, Hendrajoni mengatakan di beberapa daerah hujan menyebabkan banjir dan tanah longsor. Untuk itu ia meminta masyarakat agar tetap waspada.

“Saya mengimbau masyarakat agar waspada terhadap kondisi cuaca beberapa hari terakhir, apalagi masyarakat yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai, pantai, kawasan perbukitan serta para nelayan. Soalnya, dengan kondisi cuaca saat ini berpotensi terjadinya bencana seperti banjir, tanah longsor dan gelombang tinggi,” sebut Bupati Pessel, Hendrajoni.

Menurutnya, daerah Pessel berada di sepanjang pantai dan memiliki sedikitnya sepuluh aliran sungai besar yang melintasi beberapa kecamatan yakni Batang Tarusan, Bayang, Jalamu, Surantiah, Kambang, Linggo Sari Baganti, Inderapura, Tapan, Lunang dan Silaut.

Sementara Kepala BPBD, Prinurdin baru-baru ini mengatakan, menghadapi berbagai kemungkinan akibat kondisi cuaca tersebut, maka BPBD Pessel menyiagakan tim SAR dan Rescue BPBD 1 x 24 jam.

“Kita meminta informasi dari walinagari dan camat terkait bencana alam yang terjadi di wilayah masing-masing, sehingga dapat ditangani dengan cepat,” katanya, seperti dilansir dari lama pessel.go.id.

Terpopuler

Add New Playlist