Perluas Ekspansi Bisnis, BTN Buka Kantor Cabang Syariah di Padang

Padang, Padangkita.com – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) resmi membuka Kantor Cabang Syariah (KCS) Padang, Selasa (28/12/2021). Hal tersebut untuk memperluas ekspansi bisnis di Sumatra Barat (Sumbar).

Direktur Consumer and Commercial Lending PT BTN Tbk, Hirwandi Gafar mengatakan, Sumbar memiliki potensi bisnis syariah yang besar karena berada di tengah Pulau Sumatra, dan memiliki lebih dari 5,5 juta orang penduduk dengan mayoritas muslim.

“Sumbar merupakan salah satu provinsi yang kami bidik untuk mengembangkan pembiayaan syariah, sebab Sumbar adalah provinsi yang tangguh perekonomiannya di tengah pandemi Covid-19 dalam dua hari terakhir,” ujarnya saat acara peresmian tersebut.

Dia menuturkan, kinerja perekonomian Sumbar pada 2021 mengalami pertumbuhan positif yakni lebih dari 5,7 persen. Pertumbuhan ekonomi tersebut terjadi di hampir seluruh sektor lapangan usaha, salah satunya properti.

“Sebagai informasi, sektor properti ini menjadi market share terbanyak di Bank BTN, khususnya perumahan. Selain itu, kami juga melayani transaksi keuangan. Dengan melihat pertumbuhan ekonomi dan potensi bisnis, makanya kami mendirikan KCS Padang meliputi Sumbar,” jelasnya.

Menurut Hirwandi, dengan adanya pembukaan KCS Padang, maka Bank BTN Syariah memiliki 29 KCS di seluruh Indonesia. Selain itu, Bank BTN Syariah juga memiliki 61 Kantor Cabang Pembantu Syariah (KCPS), 7 Kantor Kas Syariah, dan 699 Kantor Layanan Syariah.

Sebelum adanya KCS Padang, masyarakat Sumbar yang ingin menikmati perbankan syariah dilayani oleh KCPS Bukittinggi, dengan KCS Pekanbaru. “Namun, mulai hari ini dan seterusnya, layanan syariah bisa dinikmati di KCS Padang,” sebutnya.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, yang juga hadir pada acara peresmian tersebut, mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar menyambut baik pembukaan KCS Padang oleh Bank BTN Syariah.

Dia menjelaskan, pihaknya saat ini juga mendorong Sumbar menjadi provinsi yang menerapkan nilai-nilai halal, baik di sektor wisata, produk, perbankan, dan sebagainya.

Menurutnya, dengan pembukaan KCS Padang oleh Bank BTN Syariah, maka perbankan syariah bisa lebih berkembang di Sumbar. Apalagi Pemprov Sumbar saat ini juga mendorong konversi Bank Nagari dari konvensional menjadi syariah.

Baca Juga: Pemprov Sumbar dan BSI Jalin Kerjasama Kembangkan Ekonomi Syariah

“Hal ini sangat sesuai dengan semangat masyarakat Sumbar yang sesuai dengan falsafah ‘Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah’. Kehadiran bank syariah merupakan bagian untuk mengimplementasikan nilai-nilai di masyarakat Sumbar yang sesuai falsafah itu,” terangnya. [fru]

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist