Perjalanan PO TAM: Perusahaan Kargo Asal Pekanbaru yang Ekspansi Garap Angkutan Wisata hingga Layani Penumpang Bus AKAP Tahun Ini

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Moda tranportasi darat di Indonesia makin bergairah, khususnya trayek Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP). Hal ini bisa dilihat dari banyaknya lahir Perusahaan Otobus (PO) dalam waktu kurun waktu setahun ini.

Setelah PO Palala asal Tanah Minang (Sumbar) yang dirilis awal tahun 2022 ini, kini giliran perusahaan asal Kota Pekanbaru, Provinsi Riau yang siap bermain di moda transportasi angkutan penumpang bus AKAP.

“Ya benar, lima unit armada bus baru ini bakal kita jadikan Bus AKAP, untuk tahap awal melayani trayek di Pulau Jawa dulu,” beber Owner PT. Tunas Antarnusa Muda (TAM), Taufik saat berbincang dengan YouTuber Bus kenamaan Indonesia, Andriawan Pratikto, Minggu (9/10/2022).

Dilihat Padangkita.com dalam unggahan video YouTube terbarunya, Senin (10/10/2022), pada kesempatan ini Andriawan mendapatkan kesempatan mewawancarai Taufik secara eksklusif.

Pertemuan mereka memang sudah direncanakan, terlebih Andriawan sendiri mengaku penasaran dengan penampakan 5 unit bus terbaru dengan livery atau corak, PO TAM di Karoseri Adi Putro.

Untuk diketahui TAM awalnya lebih dikenal dengan TAM Cargo, perusahaan yang bergerak pada jasa pengiriman barang atau kargo melalui transportasi darat untuk tujuan daerah Sumatera, Jawa, Bali dan Mataram.

Perusahaan asal Kota Pekanbaru, Provinsi Riau ini berdiri sejak tahun 2011 dengan pengalaman menjaga keselamatan barang mulai dari penjemputan, pemberangkatan, hingga pengantaran sampai tujuan dengan layanan terbaik untuk ketepatan waktu.

Seiring waktu, TAM memang sudah melakukan ekspansi menjadi Perusahaan Otobus (PO) sejak berapa tahun lalu, namun hanya untuk melayani angkutan pariwisata dan bermarkas di Kota Pekanbaru. Bus pariwisata TAM dari yang awalnya 2 unit akhirnya terus berkembang hingga menjadi 8 unit (tipe big bus 6 unit) pada tahun 2019.

Taufik mengungkapkan, 5 unit armada bus baru PO TAM dipasangi body Jetbus 3+ MHD besutan perusahaan pembuat body bus ternama, yakni Karoseri Adi Putro.

Armada TAM tersebut ditopang dan ditenagai sasis dan mesin dari Mercedes Benz seri OH 1626. Ini merupakan seri mesin keluaran terbaru dari perusahaan otomotif asal negara Jerman tersebut.

Lima unit armada bus baru PO TAM dipasangi body Jetbus 3+ MHD besutan perusahaan pembuat body bus ternama, yakni Karoseri Adi Putro. [Foto: Tangkapan Layar YouTube/Andriawan Pratikto]
Ditanya soal alasan kenapa mulai bermain di ranah bus AKAP, Taufik menjelaskan kalau ini merupakan salah satu tantangan dan peluang yang mesti ditangkap perusahaannya. Terlebih kata dia, kondisi pandemi yang sudah berakhir, membuat moda transportasi penumpang kembali menggeliat, terutama untuk angkutan darat.

Taufik juga membeberkan kalau 5 unit bus AKAP ini disiapkan untuk melayani trayek Pulau Jawa, tepatnya tujuan Jakarta – Pekalongan. Rute AKAP bus baru TAM ini bakal dirilis awal November 2022 ini.

Baca Juga: Transportasi Darat Bergairah: Perusahaan Kargo Asal Pekanbaru Ini Bakal Rilis Bus AKAP Sumatra – Jawa, Ini Trayek Awalnya

Nah, jika rute baru ini sudah dirilis, tentu tidak tertutup kemungkinan Bus TAM berpeluang juga membuka rute ke sejumlah provinsi di Pulau Sumatra, dari Lampung hingga Aceh nantinya. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist