Peringati Hari Bumi, RCCC UNP Gelar Lomba Vlog Tingkat Nasional, Yuk Ikut

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Pusat Riset Perubahan Iklim atau Research Center for Climate Change (RCCC) Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan lomba video blogging (vlog) untuk tingkat mahasiswa dan pelajar se-Indonesia.

Lomba digelar dalam rangka memperingati Hari Bumi 2022 yang jatuh pada 22 April setiap tahunnya.

Kepala RCCC UNP, Nofi Yendri Sudiar mengatakan, lomba ini merupakan kegiatan awal dari lembaga yang baru saja berdiri di akhir 2021 lalu dan direncanakan akan dijadikan sebagai salah satu program rutin tahunan.

Sementara Koordinator Divisi Sosialisasi, Publikasi, dan Hilirisasi Riset RCCC UNP, Mohammad Isa Gautama menuturkan, acara ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan pemahaman yang lebih intensif di kalangan generasi muda terkait risiko dan konsekuensi perubahan iklim yang terjadi secara global.

Ada pun ketentuan lomba yang tidak dipungut biaya ini yaitu vlog berdurasi maksimal tiga menit, dan bertemakan Invest in our Planet, atau dijabarkan melalui “Jaga dan Lindungilah Kesehatan Kita Bersama-sama Sekarang Juga dari Krisis Iklim”.

Pendaftaran dapat dilakukan langsung pada link berikut https://unp.link/vlog2022haribumi.

“Di dalam vlog yang diikutsertakan, peserta wajib menggambarkan opininya, yakni boleh paparan atau deskripsi adegan tentang kontribusinya dalam rangka menjaga bumi dari krisis iklim, wajib mencantumkan atau menyebut #InvestInOurPlanet #HariBumi #KrisisIklim, tidak mengandung unsur penghinaan terhadap SARA, pornografi, radikalisme, kekerasan atau nilai yang melanggar aturan atau norma berlaku,” ujarnya, Sabtu (19/3/2022).

Vlog diunggah ke media sosial Youtube atau Instagram dengan membubuhkan hashtag #PerubahanIklim dan #RCCCUNP. Link Vlog dikirimkan kepada panitia bersama dengan formulir pendaftaran melalui email: mairizwan@fmipa.unp.ac.id dengan subjek email: Peserta Lomba Vlog Hari Bumi 2022.

“Ada pun kriteria penilaian lomba meliputi, kesesuaian ide dengan tema, nilai motivasi dan inspirasi positif yang terkandung dalam vlog, penyampaian pesan yang mudah diterima, teknis (alur, editing, kualitas gambar, dan lain-lain), serta atensi terhadap vlog (jumlah like) merupakan nilai tambah,” ungkapnya.

Isa menyampaikan, vlog harus adalah karya orisinal, tidak melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun dan belum pernah dilombakan sebelumnya. Jika menggunakan bahasa asing atau bahasa daerah harus menyertakankan teks terjemahan dalam video, dan wajib diunggah paling lambat tanggal 22 April 2022.

Tiga vlog terbaik akan mendapatkan hadiah berupa uang. Juara 1 memperoleh Rp1,2 juta, juara 2 memperoleh Rp800.000, dan juara 3 memperoleh Rp500.000.Sementara 10 vlog paling menarik akan mendapatkan hadiah hiburan berupa voucher gopay senilai Rp100.000.

“Vlog yang dilombakan akan dinilai oleh dewan juri beranggotakan praktisi iklim dari lembaga nasional bereputasi dan berkompeten, akademisi yang fokus meneliti problema dan fenomena iklim, serta pakar komunikasi strategis,” sebutnya.

Lebih lanjut, Isa menegaskan, semua hasil karya yang telah didaftarkan menjadi hak milik panitia. Panitia berhak menggunakan karya vlog tersebut untuk kepentingan panitia dengan tetap mencantumkan kredit pengunggah video.

Sementara itu, informasi mengenai hasil penilaian lomba, akan dipublikasikan melalui media sosial, terutama Instagram, RCCC UNP. Khusus para pemenang akan dihubungi langsung oleh panitia. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Baca Juga: Peringati Hari Bumi 2021, Walhi Sumbar Tebar Eco Enzyme di Sepanjang Banjir Kanal Kawasan Jati

“Keterangan lebih lengkap silakan menghubungi Panitia Lomba melalui email mairizwan@fmipa.unp.ac.id,” terangnya. [*/fru]

Terpopuler

Add New Playlist