Perbandingan Panjang Jalan Tol yang telah Dibangun di Sejumlah Pulau Besar di Indonesia

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – Pemerintahan Jokowi terus membangun jalan tol di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Bali. Namun, sesuai dengan perkembangan daerah dan jumlah penduduk, jalan tol paling banyak tentu saja dibangun di Pulau Jawa, menyusul Pulau Sumatra.

Jika mempertimbangkan luas wilayah, maka semestinya jalan tol paling panjang dan paling banyak terdapat di Pulau Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Sumatra.

Nah, sejauh ini pembangunan jalan tol memang belum sebanding di sejumlah pulau terbesar di Indonesia. Memang, pembangunan jalan tol masih akan terus dilanjutkan. Namun, lagi-lagi, jalan tol yang tengah dibangun tetap paling banyak di Pulau Jawa, menyusul Pulau Sumatra.

Menjelang mudik Lebaran Tahun 2022, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkap panjang jalan tol yang telah operasional di Indonesia adalah 2.500 km.

Jalan tol itu dikelola oleh 46 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang terbagi pada 66 ruas jalan tol. Selain itu, juga ada jalan tol yang baru selesai dibangun, namun belum resmi dioperasionalkan.

Nah, jika dibandingkan, berikut rincian panjang jalan tol di sejumlah pulau besar di Indonesia yan telah operasional.

1. Pulau Sumatra, jaringan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang telah operasional sepanjang 691 km. Selain itu juga ada beberapa ruas yang telah rampung 100 persen, tetapi belum resmi dioperasionalkan, dan ada beberapa ruas yang tengah dibangun.

2. Pulau Jawa, jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang telah operasional sepanjang 1.640,4 km. Selain itu juga ada beberapa ruas yang hampir rampung 100 persen, tetapi belum resmi dioperasionalkan, dan ada beberapa ruas yang tengah dibangun. Lebih rinci, jalan tol yang telah operasional di Pulau Jawa adalah Trans Jawa, Jabodetabek dan Non-Trans Jawa. Selain itu, sejumlah jalan tol yang segera dioperasionalkan adalah Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan (SS Sadang KM 62 – SS Kutanegara KM 53) sepanjang 8,6 km, yang disambungkan dengan Jalan Industri 15 km dan masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta – Cikampek Gate Karawang Timur KM 54.

3. Pulau Bali, jalan tol yang telah operasional sepanjang 10,1 km. Jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Bali – Mandara di Pulau Bali, semuanya telah operasional.

4. Pulau Kalimantan, jalan tol yang yang telah operasional sepanjang 97,3 km, dan ada pula yang tengah dalam perencanaan pembangunan. Jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Balikpapan – Samarinda.

5. Pulau Sulawesi, jalan tol yang telah operasional sepanjang 61,5 km. Selain itu, jug ada jalan tol yang direncanakan bakal dibangun dan dalam tahap pembangunan. Jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Ujung Pandang/Makassar Seksi 1 – 3 sepanjang 10,1 km, Jalan Tol Makassar Seksi 4 sepanjang 11,6 km, dan Jalan Tol Manado – Bitung sepanjang 39,8 km.

Baca juga: Selain Punya Perlintasan Hewan, Ruas Jalan Tol Trans Sumatra Ini yang Pertama Pakai Teknologi CSP

Demikian perbandingan jalan tol di sejumlah pulau besar di Indonesia, sebagaimana data yang diungkap oleh Kementerian PUPR. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist