Perbaikan Jalan Rusak di Padang Terkendala Hal Ini 

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Kondisi ruas jalan rusak di Kota Padang saat ini mulai mengkhawatirkan.

Pasalnya kondisi musim hujan yang melanda kota Padang membuat jalan rusak semakin membahayakan pengendara terutama roda dua.

Terkait kondisi tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Padang Tri Hadiyanto mengungkapkan perbaikan jalan rusak merupakan skala prioritas dari pihaknya saat ini.

“Perbaikan jalan rusak diutamakan untuk jalanan yang memang sudah tidak layak atau rusak parah,” ungkapnya dilansir Senin (5/12/2022).

Ia menambahkan, untuk perbaikan jalan yang rusak akan dilakukan secara menyeluruh, namun bertahap karena kondisi anggaran yang tidak memadai.

“Kita akan lihat kondisi jalan mana yang lebih butuh penanganan segera,” ungkapnya.

Selain itu, perbaikan jalan rusak dan berlubang saat ini terkendala kondisi cuaca buruk.

“Cuaca sering hujan sehingga mengganggu upaya kita memperbaiki jalan-jalan yang rusak,”

Meski demikian, pihaknya memastikan jalan-jalan yang rusak tersebut akan segera diperbaiki ketika cuaca membaik.

“Jika kita paksakan menambal jalan di saat kondisi hujan, hasilnya akan sia-sia karena aspal tidak merekat. Dalam waktu dekat, jalan akan kembali berlubang,” jelas Tri.

Untuk itu, ia meminta masyarakat bisa bersabar, karena jalan-jalan rusak tersebut akan segera diperbaiki.

Ia menyebutkan, perbaikan jalan rusak menggunakan dana operasional pemeliharaan jalan, sehingga tidak perlu dilakukan tender.

Tri mengatakan, hingga 2024, PUPR dibebankan target pemeliharaan jalan sepanjang 20 km atau setiap tahunnya ditargetkan 4 km, namun sejak 2020, PUPR sudah memelihara jalan sepanjang lebih kurang 35 km, dengan rincian tahun 2020 sepanjang 4 km, tahun 2021 sepanjang 7,5 km dan tahun ini hampir 25 km.

Baca JugaTemukan Jalan dan Jembatan Rusak, Lapor ke Mana dan Bagaimana Caranya?

“Alhamdulillah, secara target sampai tahun 2024, pemeliharaan jalan sudah melebihi dari yang  ditargetkan,” pungkasnya. [hdp]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist