Perantau Minang yang Ingin Pulang Kampung Gratis Lebaran Tahun Ini, Bisa Daftar di Sini

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – Bagi pemudik dengan kondisi keterbatasan biaya untuk pulang kampung pada Lebaran Idulfitri 1443 H, dapat memanfaatkan peluang mudik gratis.

Sejumlah lembaga, mulai dari Kementerian, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga pihak swasta telah mengumumkan menyediakan fasilitas mudik gratis Lebaran tahun ini.

Nah, khusus untuk tujuan Sumatra Barat (Sumbar) dengan keberangkatan dari Jakarta, ternyata juga ada fasilitas mudik gratis. Dari penelusuran Padangkita.com, mudik gratis tujuan ke Sumbar disediakan oleh PT Kimia Farma

Mengutip pengumuman di laman PT Kimia Farma, disebutkan pendaftaran peserta mudik gratis Lebaran 2022 dibuka pada 11 April hingga 20 April 2022. Cara pendaftarannya adalah sebagai berikut:

Buka laman mudik.kimiafarma.co.id

Klik menu “Pendaftaran” di baris atas website

Isi kolom biodata untuk registrasi akun

Lalu, klik ikon “Daftar Akun”

Setelah itu, login dengan akun yang sudah didaftarkan

Lengkapi formulir pendaftaran

Peserta mudik yang sudah mendaftar dan diverifikasi oleh tim Kimia Farma, akan diminta melengkapi syarat administrasi

Selanjutnya, pendaftaran ulang harus dilakukan pada 21-25 April 2022.

Untuk melakukan pendaftaran mudik bersama Kimia Farma, bisa mengakses link https://mudik.kimiafarma.co.id. Adapun rute mudik gratis Kimia Farma 2022 nantinya sebagai berikut:

Jakarta – Bukittinggi (Sumbar)

Jakarta – Padang (Sumbar)

Jakarta – Yogyakarta

Jakarta – Semarang

Jakarta – Malang

Jakarta – Surabaya

Jakarta – Solo.

Selain PT Kimi Farman, fasilitas mudik gratis 2022 juga disediakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kuotanya mencapai 10.500 pemudik.

Bagi masyarakat yang berminat mendaftar mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub, pendaftaran dibuka pada 10-24 April 2022 melalui laman mudikgratishubdat.dephub.go.id.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi apabila ingin mendaftar mudik gratis Kemenhub 2022:

Wajib mempunyai dokumen kependudukan, seperti KTP dan KK.

Sudah menerima vaksin booster

Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub yang mendapatkan vaksinasi dosis kedua harus menunjukkan hasil negatif tes PCR dalam kurun waktu 3×24 jam atau tes antigen dalam kurun waktu 1×24 jam

Bagi pemudik yang baru mendapat vaksin dosis pertama, wajib menyertakan hasil negatif PCR yang diambil dalam waktu 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub yang belum menerima vaksin, harus menyertakan hasil negatif tes PCR dalam kurun waktu 3×24 jam sebelum keberangkatan dan surat keterangan tidak bisa menerima vaksin dari rumah sakit pemerintah.

Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub yang membawa anak wajib menyertakan KK.

Seluruh peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub wajib mengunduh PeduliLindungi.

Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub yang tidak memiliki hp, wajib membawa bukti fisik kartu vaksin.

Jadwal keberangkatan mudik gratis ini akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu 28-29 April 2022. Pada 28 April 2022, layanan mudik gratis 2022 akan berangkat dari Terminal tipe A di Bogor, Depok, dan Tangerang. Sementara keberangkatan layanan mudik gratis pada 29 April 2022 dari Terminal tipe A di Jakarta.

Baca juga: Sekitar 1,8 Juta Perantau Minang Akan Pulang Kampung ke Sumbar Lebaran Tahun 2022 Ini

Namun, Kemenhub tidak mengumumkan kota atau daerah tujuan mudik gratis seperti PT Kimia Farma. Calon pemudik baru mengetahui setelah masuk mendaftar dan mengecek kota atau daerah tujuan. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist