Penyebaran Virus Corona Makin Meluas di Sumbar, 7 Daerah Catat Lonjakan Kasus Baru, Pasien Meninggal Juga Bertambah

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Jumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat (Sumbar) yang menambah kasus baru Covid-19 terus meningkat. Hari ini, Kamis (13/8/2020), ada tujuh kabupaten/kota yang menambah kasus dengan totalnya 42 orang. Dengan tambahan 42 kasus ini, total warga yang positif Covid-19 di Sumbar menjadi 1.257 orang.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal menyebutkan, tujuh daerah yang menambah kasus itu adalah Kabupaten Tanah Datar (13 orang), Kabupaten Agam (3 orang), Kota Solok (6 orang), Kota Payakumbuh (1 orang), Kota Padang (7 orang), Kabupaten Pesisir Selatan (8 orang), Kota Bukittinggi (4 orang).

Laporan Gugus Tugas Covid-19 Sumbar sore ini, juga mengoreksi laporan pagi. Sebelumnya, dilaporkan ada warga Kota Padang Panjang positif terinfeksi Covid-19.

“Namun setelah di-tracking dan tracing, ternyata pasien tersebut bukan warga Kota Padang Panjang, tetapi warga Kabupaten Tanah Datar yang dirawat di rumah sakit Padang Panjang,” ujar Jasman, Kamis (13/8/2020) sore.

Selain kasus positif, hari ini Gugus Tugas Covid-19 Sumbar juga melaporkan tambahan satu pasien yang meninggal dunia, sehingga jumlahnya menjadi 37 orang. Jasman yang juga Kepala Dinas Kominfo Sumbar mengungkapkan, pasien yang meninggal dunia ini adalah laki-laki, 68 tahun, warga Tanah Sirah, Kota Padang. Pasien ini, diduga terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, dan sebelumnya dirawat di RSUD Rasidin Padang.

Kabar baiknya, jumlah pasien yang sembuh tetap bertambah, hari ini sebanyak 20 orang, sehingga total yang sembuh sudah mencapai 854 orang.

Baca juga: Melonjak Tajam Lagi 42 Orang, Terbanyak dari Tanah Datar, Total Positif Covid-19 di Sumbar 1.257 Orang

Tambahan kasus hari ini berdasarkan pemeriksaan 2.379 sampel swab oleh timm Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso, Agam.

Total jumlah spesimen yang telah diperiksa sampai hari ini sebanyak 85.469 sampel, dan jumlah orang yang telah diperiksa sebanyak 74.723 orang. Secara total, positivity rate (PR) Sumbar, 1,68 persen.

Secara persentase perkembangan penanganan kasus Covid-19 di Sumbar adalah: Total kasus 1.257 orang (100%); Pasien yang dirawat di berbagai rumah sakit 137 orang (10,9%); Pasien yang isolasi mandiri 182 orang (14,5%); Pasien yang isolasi daerah 13 orang (1,0%); Pasien yang isolasi di BPSDM 34 orang (2,7%); Pasien yang meninggal dunia 37 orang (2,9%); Pasien yang sembuh 854 orang (67,9%).

Dari data yang dirilis Gugus Tugas Covid-19 Sumbar per kabupaten/kota, sebagian besar tambahan kasus baru ini terinfeksi dari kasus konfirmasi yang merupakan transmisi lokal. Total kasus suspek di Sumbar sebanyak 266 orang, dirawat sebanyak 14 orang, dan isolasi mandiri sebanyak 252 orang.

Dalam laporan final sore ini, Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, juga merilis daerah berdasarkan zona. Pada zona orange ada tiga kabupaten/kota yakni, Kabupaten Solok, Kota Solok, dan Kota Padang.

Zona kuning 13 kabupaten/kota yakni, Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Sawahlunto, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman Barat.
Zona hijau tiga kabupaten/kota yakni, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Solok Selatan. [*/pkt]


Baca berita Sumatra Barat terbaru hanya di Padangkita.com.