Penyebaran Covid-19 di Sumbar Meluas, Limapuluh Kota dari Zona Hijau Naik ke Zona Kuning

Penulis: MF Zikri

Padang, Padangkita.com – Bukan saja meningkat, penyebaran kasus Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) juga makin meluas. Gugus Tugas Covid-19 Sumbar Jumat (21/8/2020) sore ini melaporkan terjadi penambahan 45 kasus yang tersebar di sembilan kabupaten/kota.

Salah satu daerah yang menambah kasus hari ini adalah Kabupaten Limapuluh Kota sebanyak dua orang, setelah cukup lama tak ada kasus baru.

Akibatnya, dengan adanya terkonfirmasi dua kasus baru ini, otomatis Kabupaten Limapuluh Kota tidak lagi masuk zona hijau, tetapi naik ke zona kuning.

Sejak akhir Juli sejalan dengan lonjakan kasus di Sumbar, status sejumlah kabupaten/kota di Sumbar pun berubah zona. Gugus Tugas Covid-19 Sumbar mencatat, hari ini merupakan 24 minggu masa status tanggap darurat pandemi Covid-19 diberlakukan.

Adapun pengelompokan zona 19 kabupaten/kota di Sumbar, enam daerah masuk zona oranye, 10 daerah masuk zona kuning, dan daerah masih zona hijau. Daerah yang masuk zona oranye adalah Kabupaten Solok, Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kabupaten Tanah Datar, Kota Sawahlunto, dan Kabupaten Agam.

Baca juga: Kasus Harian Covid-19 di Sumbar Catat Rekor Terbanyak, Sehari Bertambah 45 Orang Positif

Daerah yang masuk zona kuning, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman Barat, Kota Solok dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Baca juga: 12 Polisi dan 1 ASN di Polres Padang Pariaman Positif Covid-19, Layanan Masyarakat Tetap Buka

Sementara itu daerah yang relatif aman dari penyebaran Covid-19 atau berada di zona hijau adalah Kabupaten Pasaman, Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kabupaten Solok Selatan. [*/pkt]


Baca berita Sumatra Barat terbaru hanya di Padangkita.com