Penyebab Banyaknya Guru dan ASN Positif Covid-19 di Pesisir Selatan

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Zulfikar

Painan, Padangkita.com – Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Pesisir Selatan (Pessel) merililis banyaknya guru dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19) di daerah itu, Minggu (29/11/2020).

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Pessel, Rinaldi mengatakan, selain penambahan terbanyak pada guru, penambahan juga tercatat banyak dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Pessel.

Temuan kasus positif ini, kata Rinaldi, berdasarkan hasil dari swab masal yang dilakukan pada selasa (17/11/2020) di lingkungan Pemkab dan guru di Pessel.

“Kenapa guru banyak yang positif dan juga ASN, ini karena tes swab masal yang kita lakukan,” ujar Rinaldi kepada Padangkita.com, Senin (30/11/2020).

Untuk ASN dalam perangkat daerah, lanjut Rinaldi, pihaknya mewajibkan seluruhnya mengikuti swab masal. Sementara, untuk guru hanya melakukan di sekolah-sekolah yang berada di beberapa kecamatan yang rawan penyebaran Covid-19.

Untuk swab para guru, jelas Rinaldi, akan dilakukan secara bertahap.

Sementara, data para ASN yang positif Covid-19 hingga saat ini sebanyak 29 orang, dan guru masih belum dapat dipastikan jumlahnya.

“Hari ini merupakan hari terakhir pengambilan swab, jadi kemungkinan akan masih ada penambahan,” ucap Rinaldi.

Lalu, bagi ASN yang dinyatakan positif Covid-19, akan menjalani isolasi, baik mandiri maupun difasilitasi oleh Pemkab Pessel. Sementara, tracking terhadap pasien positif akan terus dilakukan secara intensif.

“Bagi sekolah yang ditemukan guru positif Covid-19, maka sekolah itu diliburkan dulu serta sekolah tersebut akan disemprotkan disinfektan,” paparnya.

Baca juga: Kabar Baik, Pasien Sembuh Covid-19 di Pessel Bertambah 6 Orang

Ditambahkan Rinaldi, bagi sekolah yang tidak ditemukan adanya kasus positif, maka masih diizinkan untuk belajar seperti biasa, namun harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. [zfk]


Baca berita Pesisir Selatan terbaru, berita Sumbar terbaru dan berita Virus Corona (Covid-19) terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist