Penyaluran BST Kemensos untuk 14.001 Orang di Pessel Sudah Capai 96 Persen

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Painan, Padangkita.com – Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk 14.001 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Pesisir Selatan (Pessel) sudah mencapai 96,15 persen.

Secara bertahap, bantuan itu terus disalurkan melalui PT Pos Indonesia serta sejumlah komunitas yang ada di Pessel.

Kepala Pos Cabang Painan, Pessel, Bahrul mengatakan, masyarakat yang telah mendapatkan BST Kemensos untuk tahap lima dan enam periode Mei dan Juni khusus wilayah Pessel sudah terealisasi sebanyak 13.462 KPM.

Sisanya, kata Bahrul, akan terus diupayakan untuk penyalurannya hingga akhir Agustus 2021. “Jadi, realisasinya sudah 96,15 persen atau sebanyak 13.462 dari 14.001 penerima,” ujarnya kepada Padangkita.com, Minggu (8/8/2021).

Dijelaskan Bahrul, bantuan yang diserahkan untuk 14.001 KPM tersebut berupa uang tunai senilai Rp600 ribu dan beras seberat 10 kilogram per KPM.

“Bantuan beras sengaja dialokasikan sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian negara terhadap masyarakat yang terdampak akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),” ucapnya.

Dikatakan Bahrul, hingga saat ini, masih ada sekitar 500 KPM yang belum menerima bantuan. Bagi mereka yang belum dan memang terdaftar sebagai penerima, diharapkan menjemput ke kantor Pos.

“Mungkin karena ada beberapa hal, bantuan belum dijemput atau tak sempat diantarkan, kita berharap penerima segera menjemputnya ke kantor Pos atau melalui komunitas yang kami tunjuk lokasinya di kantor kecamatan,” paparnya.

Di Pessel, kata Bahrul, penyaluran BST Kemensos dilakukan dengan tiga cara, yaitu masyarakat atau KPM datang langsung ke kantor Pos atau datang ke kantor kecamatan sesuai dengan komunitas yang ditunjuk pihak Pos serta dapat langsung diantar oleh petugas Pos.

Baca juga: Rutan Kelas II B Painan Serahkan Bantuan Sembako Kepada Masyarakat Terdampak Pandemi

“Bantuan itu bisa diantar dengan catata penerima dalam keadaan sakit atau tidak bisa berjalan karena lanjut usia,” katanya. [nik/zfk]

Terpopuler

Add New Playlist