Penjual Kerupuk Kuah di Padang Dapat Tambahan Modal dari Andre Rosiade

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Yurnalis, 56 tahun, perempuan penjual kerupuk kuah di Jalan Rambai, Gang Sentosa, Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang tak menyangka apa yang dialaminya kemarin. Tiba-tiba saja, datang beberapa orang ke rumahnya dan mengantarkan bantuan modal dan sembako untuknya dan keluarga kecilnya.

Yurnalis tinggal di sebuah rumah kontrakan semi permanen, persis di sebelah aliran sungai yang mengalir dekat Danau Cimpago Purus.

“Kalau hujan lebat, air pasang naik, rumah kami ini banjir. Lumayan tinggi air. Tapi bagaimana lagi, sementara bisa mengontrak di sini saja,” ujar Yurnalis saat didatangi pengurus DPD Partai Gerindra Sumbar.

Menurut Yurnalis, sejak suaminya Yasril meninggal beberapa tahun lalu, dia hanya bisa berjualan kerupuk kuah saja.

Sebelumnya, dia berjualan di pinggir Pantai Padang. Namun, karena sepinya pembeli saat masuk pandemi Covid-19, dia berjualan di rumah saja. Karena tak mampu lagi bayar sewa tempat dan biaya operasional di kios atau kaki lima di tepi pantai.

“Sekarang, untuk bertahan hidup ya berjualan di sini saja. Lumayanlah untuk makan sehari-hari. Anak saya ada tiga, dua sudah berkeluarga dan tinggal di rumah masing-masing. Satu masih di rumah dan belum bekerja,” ujar Yurnalis yang tidak pernah menyangka akan menerima uang tunai dan sembako dari Anggota DPR RI Andre Rosiade.

Yurnalis berterima kasih atas bantuan Ketua DPD Gerindra Sumbar itu, yang entah dari mana mendapat informasi dan mengirimkan tim ke rumahnya.

“Alhamdulillah. Terima kasih banyak pak Andre dan tim Gerindra yang telah membantu saya. Bisa untuk tambahan modal berjualan dan hidup harian,” ucapnya usai menerima bantuan yang diserahkan Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida didampingi Zulkifli (wakil sekretaris) dan Rina Shintya (wakil bendahara).

Nurhaida yang juga sekretaris PD PIRA (Perempuan Indonesia Raya) Sumbar menyebutkan, mereka mendapatkan informasi keluarga Yurnalis dari tokoh masyarakat Purus. “Kami dapat informasinya dan mencari tahu lebih dekat. Ternyata, kehidupan bu Yurnalis memang harus dibantu. Kami serahkan uang tunai dan sembako dari pak Andre Rosiade,” kata pegiat UMKM ini.

Sementara itu, Andre Rosiade yang juga ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) menyebutkan, di saat pandemi banyak pedagang kecil yang terdampak. Salah satu contohnya, Yurnalis, pedagang kerupuk kuah di Purus.

Baca juga: Andre Rosiade Bantu Pedagang yang Keluarganya Meninggal Akibat Kebakaran, Masih Berutang di Bank dan RS

“Kami menghimpun data para pelaku UMKM dan menyalurkan bantuan langsung tunai. Selain itu, juga menyalurkan ribuan bantuan untuk UMKM dari Kementerian Koperasi dan UKM RI,” kata Andre yang juga merupakan alumni SMAN 2 Padang itu. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist