Penjelasan Direktur RSUD M Zein Painan Soal Pasien Positif Covid-19 Dirawat di Tenda

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Painan, Padangkita.com – Sebanyak tiga pasien positif Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Zein dirawat di tenda darurat yang berada di halaman rumah sakit tersebut.

Hal itu dibenarkan Direktur RSUD M Zein Painan, Pesisir Selatan (Pessel), Sutarman. Menurut Sutarman, tiga pasien yang terpaksa dirawat di tenda itu karena semua ruang isolasi sudah penuh.

“Benar tadi malam masuknya. Mereka (Pasien Covid-19) kita rawat di tenda di halaman rumah sakit. Tapi sekarang sudah dibawa ke ruangan isolasi,” ujar Sutarman kepada Padangkita.com, Jumat (23/7/2021).

Dijelaskan Sutarman, seiring dengan peningkatan kasus positif Covid-19, pihak rumah sakit juga memliki keterbatasan, seperti fasilitas ruangan.

Bahkan, kata Sutarman, ketika kondisi stabil atau kasus positif Covid-19 tidak terlalu signifikan, tempat tidur yang tersedia hanya 18 tempat tidur.

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus terus berlanjut, jelas Sutarman, tempat tidur untuk pasien positif Covid-19 di RSUD M Zein juga terus ditambah.

Sementara itu, data dari tim Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Pessel per 22 Juli 2021, sebanyak 77 orang warga terpapar Covid-19. Penambahan kasus aktif harian itu, tercatat sebagai jumlah terbanyak di sepanjang Juli 2021.

Paparan Covid-19 tersebut juga sudah menyebar di berbagai klaster. Masyarakat yang terpapar berasal dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Guru, Pelaja, Karyawan Swasta, Polisi, Tenaga Medis, Petani hingga Ibu Rumah Tangga (IRT).

Penambahan Kasus Positif Covid-19 Masih Tinggi

Lalu, data 23 Juli 2021, dilaporkan sebanyak 49 warga Pessel positif Covid-19. Dengan demikian, maka total kasus positif menjadi 2.573 orang.

Terpopuler