Pengamat Politik Unand: Partisipasi Pemilih di Pilgub Sumbar Meningkat karena Banyak Kandidat

|
Editor: Zulfikar

Berita Padang terbaru, berita Sumbar terbaru dan berita Pilkada Sumbar terbaru: Pengamat Politik Unand Padang, Asrinaldi menilai meningkatnya angka partisipasi pemilih di Pilgub Sumbar 2020 karena banyaknya kandidat.

Padang, Padangkita.com – Pengamat Politik Universitas Andalas (Unand) Padang, Asrinaldi menilai meningkatnya angka partisipasi pemilih di Pilgub Sumbar 2020 karena banyaknya kandidat.

Data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, partisipasi pemilih di Pilgub Sumbar naik jadi 2.313.278 pemilih atau 61,68 persen.

Angka itu naik dibandingkan Pilgub Sumbar 2015, yaitu 58,65 persen atau 2.079.063 pemilih yang saat itu hanya diikuti dua pasangan calon, yaitu Irwan Prayitno-Nasrul Abit dan Muslim Kasim-Fauzi Bahar.

Menurut Asrinaldi, meningkatnya partisipasi pemilih di Pilgub Sumbar 2020, salah satunya karena kandidat yang maju banyak.

“Melihat itu, banyaknya muncul kandidat Pilgub juga meningkatkan partisipasi pemilih. Saya pun percaya banyak kontestan akan menggerak partisipasi pemilih lebih banyak,” ujar Asrinaldi saat menjadi narasumber seminar yang diselenggarakan KPU Sumbar di Hotel Kyriad Bumi Minang, Sabtu (16/1/2021).

Dikatakan Asrinaldi, partisipasi pemilih yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pencoblosan bisa dilihat dari dua sisi. Pertama, pemilih yang ikut memilih karena didorong oleh kesadaran atau hati nurani.

Kedua, pemilih yang mencoblos ke TPS karena dimobilisasi. “Mobilisasi ini bisa saja terjadi pemilih dirayu oleh politik uang dan sebagainya,” ucapnya.

Meski demikian, kata Asrinaldi, masyarakat yang tidak ikut memilih atau golput bukan berarti mereka tidak ikut berpartisipasi dalam demokrasi.

“Sebab, bisa saja mereka tidak ikut memilih karena mereka melihat pembangunan di daerahnya tidak terselenggara dan lainnya,” kata Asrinaldi.

Baca juga: 1.406.151 Warga Golput, Kalahkan Perolehan Suara Mahyeldi-Audy yang Menangi Pilgub Sumbar 2020

Diketahui, untuk Pilgub Sumbar 2020 diikuti empat pasangan calon, yaitu Mulyadi-Ali Mukhni, Nasrul Abit-Indra Catri, Fakhrizal-Genius Umar dan Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy. [zfk]


Baca berita Sumbar terbaru dan berita Pilkada Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist