Pendaki Asal Padang yang Jatuh di Batu Cadas Gunung Marapi Cedera Kaki Kanan dan Memar di Kepala

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Agam hari ini dan berita Sumbar hari ini: Remaja tersebut mengalami cedera di kaki sebelah kanan dan luka memar di bagian belakang kepala.

Lubuk Basung, Padangkita.com – Petugas gabungan dari Basarnas dan unsur kebencanaan mengevakuasi Ramzy, 14 tahun, remaja asal Kota Padang yang terjatuh di Batu Cadas pada Minggu (28/2/2021). Tergelincir menjadi penyebab remaja tersebut cedera di tubuhnya.

Koordinator Pos SAR Limapuluh Kota, Roby Saputra mengatakan, remaja tersebut mengalami cedera di kaki sebelah kanan dan luka memar di bagian belakang kepala.

“Dia tergelincir pada saat melakukan pendakian, sehingga jatuh dan mengalami cedera,” kata Roby saat dihubungi Padangkita.com via telepon.

Roby menjelaskan, petugas pencarian baru bisa menemukan remaja tersebut sekitar pukul 19.00 WIB. Pihaknya kemudian melakukan evakuasi remaja tersebut. Rencananya, setelah sampai di kaki gunung, dia akan dibawa ke rumah sakit atau Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat.

“Kemungkinan dibawa ke klinik kesehatan terdekat jika rumah sakit jauh dari kaki gunung,” katanya.

Untuk mengevakuasi Ramzy, pihaknya membutuhkan waktu hingga enam jam perjalanan. Roby menyebut, cuaca yang semulanya cerah, pada saat evakuasi tiba-tiba mengalami hujan.

Baca juga: Pendaki yang Jatuh di Cadas Marapi Alami Cedera Ringan di Kaki

“Kami sudah mempersiapkan sebanyak tujuh personel. Lalu, sejumlah peralatan, seperti tali evakuasi, tandu fiber dan peralatan medis juga sudah disiapkan. Biasanya, ketika sudah dievakuasi, kami pasti akan menanyakan apakah mereka sudah makan, jika belum pasti kami kasih, jika ada yang luka, akan kami obati, atau dilarikan ke rumah sakit terdekat,” imbuhnya. [pkt]


Baca berita Agam hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist