Penanganan Abrasi Pantai di Pesisir Selatan, Kementerian PUPR Guyurkan Dana Rp369,5 Miliar

Penulis: Redaksi

Painan, Padangkita.com – Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menyatakan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sumatera (BWS) V sejak tahun 2017 hingga 2020 telah menuntaskan 21 paket pengerjaan pengaman bibir pantai.

Kepala PSDA Kabupaten Pessel Doni Gusrizal mengatakan total anggaran yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut senilai Rp369,5 miliar.

“Pelaksanaan pekerjaan tersebut dilakukan oleh BWS Sumatera V di Kabupaten Pessel sejak tahun 2017 hingga 2020,” katanya dikutip dari Humas, Sabtu (11/7/2020).

Menurutnya, semua itu berdasarkan indikator pengendalian daya rusak air tahun 2016-2020 dengan mewujudkan bantaran sungai dan pantai yang aman serta penurunan genangan air yang terjadi di Pesisir Selatan.

Ia menyatakan selama ini banyak warga yang resah dan takut dengan gelombang air laut dan terjadinya abrasi disejumlah wilayah di pesisir pantai Pessel.

Baca juga: Dewan Kritik Cara Bupati Hendrajoni Hibahkan Lahan ke Muhammadiyah Pessel

Dirinya meminta kesabaran bagi daerah yang belum dilakukan penanganan abrasi pantai. Ia mengatakan semua perencanaannya sudah dikirim ke Balai Wilayah Sumatera (BWS) Sumatera V. [*/abe]


Baca berita Pesisir Selatan terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler