Pemuda Pasar Lama Galang Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Nagari Ujung Gading

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Rina Akmal

Berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini: Para pemuda bersama pemerintah setempat turun ke lokasi membersihkan puing-puing sisa kebakaran

Simpang Empat, Padangkita.com– Pemuda di Jorong Pasar Lama, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menggalang bantuan untuk membantu korban kebakaran yang menghanguskan empat rumah di Nagari Ujung Gading.

Ketua Pemuda Jorong Pasar Lama, Bripka Irjon Dalimunte menyebutkan, penggalangan bantuan untuk korban kebakaran sudah dijalankan sejak Senin (26/4/2021) kemarin.

“Satu hari kemarin sudah terkumpul sebesar Rp16 juta dan hari ini kami masih terus berjalan untuk menghimpun bantuan dari para dermawan lainnya,” kata Dalimunte yang juga Kabag Humas Polsek Lembah Melintang, Selasa (27/4/2021).

Ia menambahkan, para pemuda juga sudah mulai turun dengan pemerintah setempat dan masyarakat lainnya untuk membersihkan puing-puing sisa kebakaran yang berpotensi membahayakan warga.

“Mulai malam kejadian kita dari pemuda sudah turun bersama-sama dengan warga lainnya untuk membantu memadamkan api dan juga membersihkan sisa bekas kebakaran ini,” jelasnya.

Kemudian, Irjon Dalimunte juga menyampaikan bahwa bantuan dari pemerintah juga sudah mulai berdatangan, seperti halnya dari Dinas Sosial dan BPBD.

“Bupati Hamsuardi sudah datang dan memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp10 juta beserta bantuan lainnya,” ujar Irjon.

Ia menjelaskan, bahwa bantuan yang dihimpun oleh para pemuda ini nantinya akan dikumpulkan terlebih dahulu, setelah cukup, barulah nantinya akan dibagikan pda para korban.

“Kami mengimbau masyarakat, baik itu saya secara pribadi maupun secara kedinasan, untuk selalu berhati-hati terhadap segala kemungkinan bencana yang akan terjadi,” imbuhnya.

Terutama peralatan listrik di rumah, agar rutin diperiksa untuk menghindari terjadinya korsleting dan sebelum memakan korban jiwa.

Terpisah, Bupati Pasbar Hamsuardi mengatakan sebagai bentuk duka cita atas musibah yang menimpa keluarga korban di bulan ramadan ini, Pemerintah Daerah Pasbar mengunjungi korban kebakaran.

Baca juga: Kasus dugaan Korupsi di Disdikbud dan PUPR Pasaman Barat Masuk Tahap Penyidikan

“Bagaimanapun hal ini agar kita hadapi dengan tabah dan sabar. Ambil hikmah dari kejadian itu,” ungkapnya.

Dia berharap, ke depan masyarakat agar lebih berhati-hati, dengan hal yang dapat memicu terjadinya bencana seperti salah satunya bencana kebakaran ini. [rna]

Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler