Pemprov Sumbar Serahkan Bantuan Korban Banjir di Kabupaten Solok

Penulis: Redaksi

Kayu Aro, Padangkita.com – Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit menyerahkan bantuan kepada Bupati Solok untuk korban bencana banjir dan longsor di tiga nagari di dua kecamatan, di Kabupaten Solok.

Tiga nagari terendam banjir tersebut adalah Nagari Muaro Paneh Kecamatan Bukik Sundi, Nagari Kinari dan Nagari Talang Babungo Kecamatan Giliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sabtu (08/02/2020) silam.

Kepala pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Solok, Armen AP mengatakan Wakil Gubernur Sumatra Barat atas nama pemerintah provinsi menyerahkan bantuan senilai Rp125 juta.

“Bapak Nasrul Abit serahkan bantuan kepada Bupati Solok untuk warga yang terkena musibah banjir di Nagari Muaro Paneh, Talang Babungo dan Nagari Sungai Durian beberapa,” katanya kepada padangkitacom, Selasa (18/02/2020).

Baca juga: Nasrul Abit Minta Batang Lembang Dinormalisasi

Banjir tersebut diduga terjadi akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur sejumlah daerah di Kabupaten Solok.

Sementara itu, banjir dan longsor kembali terjadi di sejumlah titik yang ada di Kabupaten Solok, Selasa (18/02/2020). Satu orang tewas dan puluhan rumah rusak dihantam longsor.

Kepala pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Solok, Armen AP mengatakan korban tewas akibat longsor yakni Hendri (38) warga Jorong Balai Okak, Nagari Taruang-Taruang, IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok.

“Korban meninggal akibat longsor dan jenazahnya sudah ditemukan,” katanya kepada padangkitacom, Selasa (18/02/2020).

Dirinya menjelaskan peristiwa longsor yang terjadi disejumlah wilayah di Kabupaten tersebut terjadi pada pukul 05.00 Wib. Sementara itu, rumah rusak akibat longsor terjadi di Nagari Koto Laweh, IX Koto Sungai Lasi.

Banjir juga menghantam Kota Solok, Selasa (18/2/2020) disebabkan oleh meluapnya Batang Lembang. Untuk itu, satu-satunya cara mengatasi banjir adalah dengan melakukan normalisasi Batang Lembang.

Hal di atas diuangkap Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit ketika meninjau banjir di Kota Solok, Selasa (18/2/2020) pagi.

Nasrul Abit mengunjungi lokasi banjir di dua kelurahan di Kota Solok, yakni kelurahan IX Korong dan kelurahan Koto Panjang. (Pk-02)


Baca berita Solok terbaru dan tentang Banjir Kota Solok hanya di Padangkita.com.

Terpopuler