Pemprov Sumbar Nobatkan Padang Panjang sebagai Kota Bersih

Penulis: Redaksi

Padang Panjang, Padangkita.com – Sebagai bentuk apresiasi atas lingkungan terbersih di Sumatra Barat, Kota Padang Panjang ditunjuk sebagai Model Kota Tertib Sampah.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi meresmikan langsung Kota Padang Panjang sebagai Kota Tertib Sampah, Aksi Simpatik dan Patroli Sampah di Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Rabu (14/12/2022) kemarin.

Wagub menilai, dengan dipilihnya Padang Panjang sebagai kota tertib bersih, patut diberikan apresiasi yang bukan hanya untuk pemerintah saja tetapi juga masyarakatnya.

“Kita sangat mengapresiasi kota Padang Panjang sebagai kota the cleanest. Pada dasarnya kesadaran akan sampah itu ada dalam diri sendiri,” ungkap Audy.

Kesadaran masyarakat merupakan aspek penting untuk meminimalisir peningkatan volume sampah di tiap daerah.

Pemerintah provinsi akan terus mendukung secara maksimal. Pemprov juga meminta seluruh elemen masyarakat untuk saling bersinergi.

“Kami mendukung secara penuh kota Padang Panjang sebagai Kota Tertib Sampah. Secara wisata, kota Padang Panjang juga cukup banyak dikenal,” ujar Audy.

Sementara itu, Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran, menyampaikan terimakasih kepada pemerintah provinsi atas dukungan untuk program tertib sampah.

“Kita juga menyampaikan apresiasi kepada pasukan oranye yang telah menjaga kebersihan lingkungan dengan baik.” ungkapnya.

Dirinya berharap kedepannya hal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja tetapi harus menjadi tugas bersama.

“Kedepannya, menjaga kebersihan lingkungan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi jadikan budaya bersama,” pungkasnya.

Baca JugaPertama di Dunia, Wagub Sumbar Resmikan Kampung Iklim Ecobrick Binaan Semen Padang di Nagari Andaleh

Launching Padang Panjang sebagai Model Kota Tertib Sampah dilakukan secara simbolis, dimana pemerintahan setempat, membagikan tong sampah mini serta stiker ajakan peduli sampah kepada angkutan umum, sopir truk, serta mobil pribadi. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist