Pemprov Sumbar Lakukan Vaksinasi Covid-19 Para Lansia di Masjid-Masjid

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pemprov Sumbar berencana menggelar vaksinasi Covid-19 di masjid-masjid

Padang, Padangkita.com – Jumlah lansia yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) masih rendah. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) berencana menggelar vaksinasi Covid-19 di masjid-masjid guna mempermudah lansia untuk mendapatkan vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumbar, Arry Yuswandi mengatakan saat ini jumlah lansia yang sudah divaksin di Sumbar berjumlah 9.669 orang. Hal tersebut masih jauh di bawah target yang ditetapkan yakni 442.000-an orang.

Dia mengungkapkan kendala vaksinasi lansia di Sumbar yaitu sulitnya lansia mendatangi tempat vaksinasi secara mandiri.

“Lansia itu kan memang tidak bisa datang sendiri. Kan butuh anaknya yang antar. Sehingga kalau di hari-hari biasa, anaknya sibuk bekerja, mereka pun tidak bisa datang,” ujarnya kepada Padangkita.com, Sabtu (24/4/2021).

Oleh karena itu, Pemprov Sumbar pun berupaya meningkatkan partisipasi lansia tersebut. Selain dengan cara menggaet komunitas, Pemprov pun menggelar vaksinasi di masjid-masjid.

Pada hari ini, misalnya. Vaksinasi digelar di Masjid Raya Sumbar. Vaksinasi digelar di lantai satu masjid tersebut dengan melibatkan vaksinator dari Dinkes serta bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Sumbar. Sejumlah lansia tampak antusias divaksin.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan vaksinasi memang sengaja digelar di masjid. Dengan memanfaatkan momen bulan Ramadan, Pemprov pun berupaya menarik perhatian jemaah terutama dari golongan lansia agar bersedia divaksin

“Karena memang orang Sumbar, orang Minangkabau itu, apalagi di bulan Ramadan, pasti banyak berkumpul di masjid. Mau Zuhur, salat di masjid. Dan biasanya yang banyak itu yang tua-tua, yang lansia. Hari ini kita berupaya bagaimana vaksinasi digelar di masjid,” jelasnya.

Jasman menerangkan vaksinasi di masjid juga bertujuan untuk memunculkan anggapan di masyarakat bahwa vaksinasi tersebut benar-benar aman dan halal.

“Nanti, kita juga berupaya bagaimana Bapak Gubernur membuat semacam surat edaran kepada bapak bupati/wali kota memanfaatkan masjid-masjid yang ada di kabupaten/kota dengan dengan melibatkan puskesmas. Kita tidak perlu banyak-banyak. Cukup lima orang saja satu masjid dalam sehari. Jika ada ribuan masjid di Sumbar, itu sudah berapa capaian kita untuk lansia,” ungkapnya.

Baca Juga: Update Corona Sumbar 23 April: Kasus Positif Bertambah 232 Orang, Sembuh 228 Orang dan Meninggal Dunia 3 Orang

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengapresiasi upaya jemput bola lansia agar bisa divaksin. Untuk sementara, tutur dia, vaksinasi akan dipusatkan di Masjid Raya Sumbar. Vaksinasi rencananya akan digelar selesai salat Magrib, salat tarawih, atau setelah salat Jumat.

Dia pun menargetkan ribuan dosis vaksin yang masih tersedia di gudang Dinkes saat ini agar segera habis. Hal itu biar Sumbar bisa mudah mendapatkan vaksinasi tambahan dari pemerintah pusat. [abe]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler