Pemko Pariaman Terima Anugerah UI Green City Metric Rankings 2022, Penghargaan Kota Paling Berkelanjutan 

Penulis: Isran Bastian

Pariaman, Padangkita.com – Pemko Pariaman kembali menyabet penghargaan bergengsi tingkat nasional. Kali ini kepemimpinan Wali Kota Genius Umar tersebut meraih Penghargaan Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia, Anugerah UI Green City Metric Rankings Tahun 2022.

Penghargaan ini diserahkan secara hybrid, pada acara pengumuman Universitas Indonesia (UI) Green City Metric Rankings 2022, yang digelar di Balai Sidang Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Jawa Barat, Kamis (21/7/2022).

UI Green City Metric merupakan pemeringkatan kabupaten/kota di Indonesia dalam bidang keberlanjutan yang diinisasi oleh UI Green Metric.

“Alhamdulillah, Kota Pariaman masuk nominasi mendapatkan penghargaan bergengsi dari segi pembangunan lingkungan yang berkelanjutan dari Universitas Indonesia, yaitu penghargaannya UI Green City Metric Tahun 2022,” ujar Genius Umar dalam keterangan resminya, Jumat (22/7/2022).

Lebih lanjut Genius menuturkan pihaknya telah banyak membuat kebijakan yang pro terhadap program yang terus berkelanjutan, baik di bidang lingkungan hidup, dan pembangunan infrastruktur yang harus tetap memperhatikan akan keberlangsungan lingkungan yang  terus berkelanjutan.

“Kita menggunakan prinsip-prinsip yang selalu menjaga lingkungan dan program yang berkelanjutan, sehingga terjalinnya kelanjutan ekosistem lingkungan hidup dan memanfaatkan nya untuk kita jadikan destinasi ecotourism, seperti Pariaman Mangrove Park yang bersama dengan masyarakat dan komunitas terus merawatnya, dan juga penangkaran penyu, yang telah menjadi kunjungan wisatawan nasional dan  internasional, karena Kota Pariaman mempunyai visi sebagai kota wisata,” tukasnya.

Lulusan S3 IPB ini juga menjelaskan bahwa pihaknya terus meningkatkan kesadaran tentang permasalahan keberlanjutan keikutsertaannya dapat membantu kesadaran di pemerintahan dan sekitarnya, tentang pentingnya permasalahan keberlanjutan.

“UI Green Metric, menggunakan peran penting dari institusi perguruan tinggi untuk meningkatkan kesadaran dengan cara menilai dan membandingkan sejauh mana usaha yang dilakukan setiap daerah terhadap pembangunan yang berkelanjutan, dan atas penghargaan ini kami mengucapkan terima kasih,” tuturnya

Pengumuman ini berdasarkan lampiran Surat Nomor S-207/UIGM/OTL/04/00/2022 dari UI Green City Metric, Undangan Acara Pengumuman UI GreenCity Metric  Rankings 2022, di mana Kota Pariaman mendapat Penghargaan predikat 6, bersama beberapa Kota lainnya di Indonesia yakni, Kota Parepare, Kota Madiun, Kota  Kediri, Kota Padang, dan Kota Semarang.

Baca Juga: 54 Pelajar Kota Pariaman Lulus Beasiswa Saga Saja Tahap I, Kuota Berkemungkinan Ditambah 

Baca Juga: Pariaman Kembali Juara Umum Lomba Gerakan PKK Sumbar, Ini 5 Penghargaan yang Diraih

Adapun beberapa kategori penghargaan di ajang ini adalah Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Penataan Ruang dan Infrastruktur, Bidang Energi dan Perubahan Iklim, Bidang Tata Kelola Limbah, Bidang Tata Kelola Air, Bidang Akses dan Mobilitas dan Bidang Tata Pamong, di mana sebanyak 34 kabupaten/kota berpartisipasi dalam Pemeringkatan UI Green City Metric ini.

Acara dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari MM. MSc, sebagai Ketua UI Green Metric, Ir. Togap Simangunsong, M.App.Sc, Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan Dr. Vivi Yulaswati, MSc, Kepala Sekretariat Nasional SDGs, Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, Kementerian PPN/Bappenas Republik Indonesia. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist