Pemko Pariaman Luncurkan Empat ‘Desa Percontohan Ramah Perempuan Peduli Anak’ Maret Mendatang 

Penulis: Isran Bastian

Kota Pariaman, Padangkita.com – Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kota Pariaman akan meluncurkan Desa Percontohan Ramah Perempuan Peduli Anak (DPRPPA). Hal itu diungkapkan Asisten I Yaminurizal usai menggelar rapat persiapan launching DPRPPA di Ruang Rapat Sekda Kota Pariaman, Selasa (8/2/2022).

“Pemko Pariaman akan resmikan DPRPPA pada Maret,” ungkapnya.

Untuk menyukseskan kegiatan ini jelas persiapan telah dilakukan. Mulai dari tim yang terlibat sampai anggarannya. Peresmian DPRPPA  ini baru pertama kali dilakukan. Selama ini, Kota Pariaman baru memiliki taman bermain ramah anak.

Pembentukan DPRPPA merupakan kegiatan nasional yang wajib dilaksanakan oleh Pemerintahan Kota dan Kabupaten. Hal ini bertujuan untuk melindungi perempuan dan anak di seluruh Indonesia. Untuk Kota Pariaman, ada 4 desa yang akan meresmikan DPRPPA.

Untuk awal akan diluncurkan DPRPPA pada empat desa, yaitu Desa Rawang Kecamatan Pariaman Tengah, Desa Nungo Tanjuang Kecamatan Pariaman Timur, Desa Padang Cakur Kecamatan Pariaman Selatan dan Desa Sikapan Timur Kecamatan Pariaman Utara.

“Ada lima arahan Presiden RI untuk model DPRPPA dan ini menjadi acuan buat kita di Pemko Pariaman,” tambahnya.

DPRPPA merupakan desa yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak ke dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa, yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, berkelanjutan.

Adapun tujuan lain pelaksanaan DPRPPA adalah memperkecil kesenjangan gender,  meningkatkan peran aktif perempuan terutama dalam bidang politik, hak pengambilan keputusan dan hak meningkatkan perekonomian.

Baca Juga : Musrenbang 71 Desa, Pemko Pariaman Minta Prioritaskan Kebutuhan Mendesak 

“Setelah empat desa ini, kita juga inginkan desa dan kelurahan lainnya menyusul akan membentuk DPRPPA.  Ayo tata desa supaya berbagai permasalahan perempuan dan anak kita selesaikan mulai dari desa,” tutupnya. [*/Pkt]

Terpopuler

Add New Playlist