Pemko Pariaman Bantu Para Nelayan Rp900 Juta, Diserahkan di Pantai Maaruf Amin

Penulis: Zulfikar Efendi

Pariaman, Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menyalurkan bantuan untuk para nelayan di daerah itu senilai Rp900 juta. Bantuan tersebut diserahkan Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pantai Maaruf Amin, Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan.

Menurut Genius Umar, bantuan Rp900 juta itu berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021.

“Awalnya, bantuan ini nyaris tertunda. Namun, melihat alat tangkap para nelayan sudah mulai rusak, maka kita lakukan gerak cepat dan menjemput bantuan tersebut hingga ke Kementerian,” ujar Genius Umar dikutip dari situs resmi milik Pemko Pariaman, Senin (4/10/2021).

Bantuan senilai Rp900 juta itu, kata Genius Umar, terdiri dari 12 paket dan diberikan kepada tujuh kelompok nelayan.

Untuk satu paket bantuan, ucap Genius Umar, terdiri dari kapal penangkap ikan, mesin dengan kecematan 15 PK, alat tangkap berupa pancing, jaket pelampung, jangkar dan fishboox.

“Hari ini, memang kita mendapatkan bantuan hanya 12 paket. Bagi nelayan yang belum mendapatkan bantuan, kita akan usahakan kembali meminta bantuan pada Kementerian. Semoga saja akan ada DAK Tahun 2022 untuk Kota Pariaman,” ungkapnya.

Genius Umar mengakui, bahwa perikanan merupakan salah satu sektor utama bagi masyarakat di pinggir pantai untuk meningkatkan perekonomian.

Kota Pariaman, sambungnya, memiliki potensi kelautan yang besar, sehingga nelayan di Kota Pariaman mampu menghasilkan ikan yang segar dan bagus.

Baca juga: Pesan Wako Genius Umar Bagi Penderita PTM Kota Pariaman di Tengah Pandemi Corona

“Semoga adanya bantuan ini dapat meningkatkan kemampuan nelayan dalam menangkap ikan, meningkatkan mutu hasil tangkapan, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan, mampu meningkatkan daya saing dalam pemanfaatan sumber daya ikan dan yang paling penting dengan kapasitas mesin yang besar, lebih bisa menjaga keselamatan dari bahaya cuaca yang kurang baik saat melaut,” katanya. [*/zfk]

Terpopuler