Pemko Gelar FGD Satu Data Kota Pariaman

Penulis: Ramono Aryo

Berita Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pemerintah Kota Pariaman membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan FGD Satu Data Kota Pariaman

Pariaman, Padangkita.com – Wali Kota Pariaman dalam hal ini diwakili oleh Staff Ahli Kota Pariaman Alfian, membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Satu Data Kota Pariaman untuk Finalisasi Data Pariaman Dalam Angka 2021.

Acara ini digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pariaman, bertempat di Ruang Rapat Walikota Pariaman, Kamis (11/2/2021). Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pariaman Azman Tanjung, Kadis Kominfo Kota Pariaman yang diwakili oleh Kabid Informasi Komunikasi Publik (IKP) Eka Putra Pernanda.

Peserta FGD ini diikuti oleh perwakilan dari OPD di Lingkungan Pemerintahan Kota Pariaman, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Camat, dan Rumah Sakit, dengan Narasumber Kepala BPS Kota Pariaman Yuliandri, dan Kabid IKP Diskominfo Kota Pariaman Eka Putra Pernanda.

Staf Ahli Pemko Pariaman Alfian sampaikan dalam sambutannya,  “Satu Data merupakan bentuk dari perwujudan dari Perpres No.39 tahun 2019, tentang Satu Data Indonesia. Presiden RI Joko Widodo telah mencanangkan bahwa untuk menghasilkan satu data Indonesia diperlukan peranan dari masing-masing institusi. Dalam Perpres tersebut dijelaskan bahwa, koordinator dan sekretariat forum data ada pada  Bappeda, walidata ada pada DisKominfo, dan pembina data ada pada BPS Kabupaten/Kota”.

“FGD ini bertujuan untuk memfinalisasikan tabel Pariaman Dalam Angka 2021, dan diharapkan ada penyempurnaan akurasi dan konsisten data. Dalam setiap pertemuan Walikota selalu tekankan bahwa tugas pokok kita adalah melayani masyarakat yang telah memberikan amanah kepada kita, sehingga publikasi ini bisa dijadikan sebagai sumber rujukan utama dalam mengukur keberhasilan Kota Pariaman dan merencanakan pembangunan,” ungkapnya.

Sementara itu Kabid IKP Diskominfo Kota Pariaman Eka Putra Pernanda nyatakankan, bahwa sangat penting sekali adanya satu data ini, mengingat masih banyaknya ketidak sesuaian standart data, meta data, interoperabilitas, dan referensi data, sehingga data yang ada saat ini sulit untuk diakses dan dan juga dibagi pakaikan antar lembaga pemerintah. Hal ini mengakibatkan kebingungan dalam mempedomani data yang akan digunakan untuk perencanaan pembangunan.

“Untuk itu sebagai Walidata kami akan berusaha melakukan tugas kami sebaik-baiknya agar data yang dibutuhkan tersinkronisasi, dan adanya kordinasi data statistik sektoral pada pusat data yang terintegrasi dari setiap OPD,” ujar Kabid IKP Kominfo Pariaman ini.

Selain itu dalam laporannya Kepala BPS Kota Pariaman Yuliandri mengatakan, bahwa FGD hari ini merupakan agenda rutin tiap tahun yang diadakan oleh BPS Kota Pariaman, dalam rangka menyusun publikasi Pariaman Dalam Angka, untuk mempercepat penyedian data, sehingga data yang muncul di Pariaman Dalam Angka bisa dimanfaatkan cepat oleh para pengguna data.

Baca Juga: Pemko Pariaman dan Pemko Pekanbaru Tanda Tangani Kerja Sama Pariwisata dan Perdagangan

Yuliandri menambahkan , “Dalam publikasi, data harus mempunyai satu sumber, sehingga tidak ada perbedaan data yang terpublikasikan. Dengan demikian kepercayaan publik akan meningkat terhadap pemerintah. Selain itu, data yang disajikan juga lebih akurat dan terpercaya”. [*/abe]


Baca berita Kota Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist