Pemkab Pasaman Barat Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana di Halaman Mapolres

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Zulfikar

Simpang Empat, Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) menggelar apel kesiapsiagaan bencana di halaman Mapolres Pasbar, Selasa (10/11/2020).

Apel kesiapsiagaan bencana itu dipimpim langsung oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Pasaman Barat, Hansastri, yang juga diikuti Kapolres AKBP Sugeng Hariyadi, Waka Polres Kompol Abdus Syukur Felani, Kepala BPBD Edi Busti, Kepala Sat Pol PP Abdi Surya, Kadis Perkim Adhiarsyah, Para Kabag Polres dan juga Danramil 02 Simpang Empat, Kapten Inf Lilik Surianto.

Baca Juga

Dalam amanatnya, Hansastri menyampaikan bahwa seluruh pihak di Pasaman Barat harus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana.

“Salah satunya yaitu pengintegrasian penanggulangan bencana sebagai prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah,” ujar Hansastri, Selasa (10/11/2020).

Kemudian, ia juga berharap agar bisa memberi input dalam rangka harmonisasi peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan fungsi penanggulangan bencana di daerah.

“Yang paling penting meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya melalui pendidikan dan pelatihan serta didukung dengan pelaksanaan anggaran yang memadai secara tepat, cepat dan bertanggungjawab sesuai dengan peraturan,” tegasnya.

Selain itu, Hansastri juga mengingatkan pentingnya meningkatkan kualitas data informasi dan pelaporan kejadian bencana melalui optimalisasi pemanfaatan Pusat Data dan Operasi (Pusdalops) serta pelatihan teknologi informasi dan komunikasi.

Baca juga: Mengenal Bandara PAN Pasaman Barat, Salah Satu Aset Penyumbang Pendapatan Daerah

“Agar pembangunan pasca bencana berjalan baik, diharapkan ke depannya agar memperhatikan kaidah-kaidah pengurangan risiko bencana,” katanya. [zfk]


Baca berita Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler