Pemkab Agam Pastikan Pembanguman 24 Kios yang Terbakar di Pasar Baso Agam

Penulis: Fuadi Zikri

Lubuk Basung, Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten Agam segera membangun ulang 24 kios pedagang yang terbakar di Pasar Baso, Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso.

Diketahui, dalam kebakaran yang terjadi pada Minggu (14/9/2021) pukul 02.30 WIB itu, 24 kios pedagang yang berada di Blok G hangus terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp2,5 miliar lebih.

“Nanti akan kami rencanakan pembangunan ulang,” ujar Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Agam, Dedi Asmar dihubungi Padangkita.com, Minggu pagi.

Dedi menyebutkan, pihaknya saat ini fokus untuk merelokasi para pedagang yang terdampak kebakaran tersebut. Pihaknya menyediakan lapak sementara bagi para pedagang itu.

Selain itu, saat ini pihaknya juga tengah menyalurkan bantuan dari Dinas Sosial kepada para pedagang yang terdampak. Setidaknya, ada 18 kepada keluarga atau pedagang yang akan diberikan bantuan.

Terkait pembangunan ulang kios yang terbakar tersebut, lanjut Dedi, pihaknya akan mengoordinasikannya dengan pihak terkait untuk perencanaan dan penganggarannya.

“Nanti kita lihat bagaimana proses selanjutnya, bagaimana penganggarannya. Yang jelas ini pasti akan dibangun ulang, karena lokasinya kan tepat di bagian depan, tidak mungkin kalau tidak dibangun,” jelasnya.

Camat Baso, Fauzi mengungkapkan, puluhan kios yang terbakar tersebut merupakan pasar rakyat atau pasar nagari. [mfz/pkt]

Terpopuler