Pembangunan Jalan Tol yang Masuk Wilayah Sumbar Terancam Tertunda, Ini Masalahnya

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang masuk wilayah Sumatra Barat (Sumbar) sepertinya bakal makin tertunda dan makin lama.

Tidak hanya masalah pembebasan lahan, tapi kini pemerintah juga masih kekurangan anggaran untuk menuntaskan semua ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Sebagaimana terungkap dalam Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 100 tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatra, Jumat (3/6/2022).

Jalan tol yang masuk wilayah Sumbar adalah sejumlah ruas yang jadi bagian Jalan Tol Padang – Pekanbaru. Terdapat 4 ruas atau seksi yang masuk wilayah Sumbar, yakni Jalan Tol Padang – Sicincin 36,15 km, Jalan Tol Sicincin – Bukittinggi 38 km, Jalan Tol Bukittinggi – Payakumbuh 34 km, dan Jalan Tol Payakumbu – Pangkalan 58 km.

Kini yang tengah dibangun adalah Jalan Tol Padang – Sicincin yang progresnya telah mencapai 60 persen lebih. Kecuali itu, ruas jalan tol yang lain seperinya bakal tertunda.

Baca juga: Anggaran Jalan Tol Trans Sumatra Minus Rp465 Triliun, Pembangunan Sejumlah Ruas Digeser

Selain Jalan Tol Padang – Pekanbaru, yang masuk wilayah Sumbar juga ada Jalan Tol Dharmasraya – Kuansing – Rengat (Riau) atau Dharmasraya – Rengat. Jalan tol ini digadang-gadang bakal ground-breaking tahun 2023.

Namun, meskipun telah masuk proyek strategis nasional (PSN), rencana ini sepertinya bakal tertunda. Dalam konsultasi publik lintas kementerian dan dihadiri pimpinan daerah di Sumatra tersebut, terungkap anggaran untuk membangun keseluruhan jaringan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) masih kurang.

Sebelumnya, diproyeksikan anggaran sebesar Rp560 triliun untuk membangun jalan tol yang menghubungkan Lampung hingga Aceh.

Namun, saat ini anggaran yang tersedia baru Rp95 triliun. Ini artinya ada kekurangan hingga Rp465 triliun lagi.

Baca juga: Semua Usulan Diterima, Jalan Tol Dumai – Baganbatu – Sigambal Bisa Dibangun 2023

Akibatnya, pembangunan jalan tol dibagi menjadi 4 tahap. Tahap 1 dan tahap 2 adalah jalan tol yang tengah dibangun dan akan dibangun 2023, sementara tahap 3 dan tahap 4 adalah jalan tol yang akan dibangun tahun 2024 dan setelahnya. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist