Pelantikan Wali Kota Padang Definitif Dijadwalkan Maret Ini

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pelantikan Wali Kota Padang definitif akan dilaksanakan sebelum bulan April 2021.

Padang, Padangkita.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, Syafrial Kani mengatakan, pelantikan Wali Kota Padang definitif akan bisa terlaksana sebelum bulan April 2021.

Dia mengatakan, saat ini DPRD sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) soal pelantikan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang, Hendri Septa.

“Kami sudah upayakan percepatan (pelantikan) itu, kami sudah melakukan koordinasi, surat sudah jauh-jauh hari dikirimkan pada saat pengukuhan (Hendri),” kata Syafrial Kani saat dihubungi Padangkita.com, Jumat (19/3/2021).

Namun demikian, pelantikan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, kata Syafrial, akan dilakukan oleh Gubernur Sumbar.

DPRD Kota Padang, kata dia, hanya bersifat mengajukan dan mengirimkan surat rekomendasi ke Kemendagri melalui pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar).

“Pelantikannya itu diupayakan sebelum April 2021 ini, artinya dalam Maret ini, warga Kota Padang akan memiliki Wali Kota definitif, tanpa berstatus Plt lagi,” ujarnya.

Pasalnya, kata Syafrial, keberadaan Wali Kota yang definitif sangat diperlukan untuk melanjutkan pembangunan sesuai visi-misi ke depannya yang telah ia paparkan pada masa tahapan kampanye pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2018 lalu.

“Dengan Plt Wali Kota Padang saat ini, banyak persoalan Padang yang tidak bisa dilakukan. Hal ini dikarena Plt Wali Kota Padang memiliki kewewenang dan tanggung jawab yang masih terbatas,” tuturnya.

Sebelumnya, Plt Wali Kota Padang, Hendri Septa resmi dikukuhkan oleh DPRD Kota Padang sebagai Wali Kota dalam rapat paripurna yang digelar pada Rabu (3/3/2021) lalu.

Baca juga: Satu Rumah di Kampung Nias Padang Ludes Terbakar, Kerugian Mencapai Ratusan juta

“(Pengkuhan) sudah sesuai dengan agenda Badan Musyawarah (Bamus). Suratnya kami lanjutkan, nanti Gubernur yang akan meneruskan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Ia berharap, Padang mendapatkan Wali Kota yang definitif,” [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler