Pasien Suspek Memaksa Pulang Saat Dirawat di RSUD Painan, 2 Hari di Rumah Ternyata Positif Covid-19

Penulis: MF Zikri

Berita Pesisir Selatan terbaru dan berita Sumbar terbaru: Seorang pasien suspek Covid-19 di Pesisir Selatan (Pessel) dinyatakan positif Covid-19 dua hari setelah memaksa pulang meski tengah dirawat.

Painan, Padangkita.com – Seorang pasien suspek Covid-19 di Pesisir Selatan (Pessel) memaksa pulang saat tengah dirawat di RSUD Painan, sebelum hasil swab keluar. Setelah dua hari di rumah, hasil swab pasien tersebut ternyata positif Covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Pessel, Rinaldi menyebutkan, hasil swab pasien tersebut keluar hari ini dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand. Karena terkonfirmasi positif Covid-19, kata Rinaldi, tim Gugus Tugas Covid-19 Pessel langsung melakukan “tracing” terhadap mereka yang pernah kontak dengan psien tersebut.

“Pasien yang terkonfirmasi positif tersebut adalah laki- laki, 66 tahun, warga Bungo Pasang, Kecamatan IV Jurai, pekerjaan petani,” ujar Rinaldi, Sabtu (5/9/2020) siang.

Pasien tersebut, kata Rinaldi, awalnya merupakan kasus suspek gejala sedang dan berat atau sebelumnya disebut dengan PDP. Pada tanggal 2 September, pasien itu masuk RSUD M. Zein Painan, dan dilakukan tes swab.

“Namun menjelang hasil swab keluar yang bersangkutan pulang paksa dari rumah sakit tanggal 3 September. Hari ini keluar hasil swab terkonfirmasi positif Covid-19,” jelas Rinaldi yang juga Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdakab Pessel.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Sumbar Bertambah 73 Orang, Padang Tetap Penyumbang Kasus Terbanyak

Kini, lanjut Rinaldi, pasien tersebut isolasi mandiri di rumahnya. Dengan tambahan satu kasus ini, maka jumlah kasus Covid-19 di Pessel secara kumulatif tercatat 42 orang. Sebanyak 30 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Selebihnya, delapan orang isolasi mandiri, satu orang diratwa di BPSDM Padang Besi, satu orang dirawat di RSUP M Djamil Padang, dan satu orang dirawat di RS Semen Padang Hospital.

Jumlah kasus suspek bergejala sedang dan berat tercatat sebanyak sembilan orang. Tujuha orang dirawat di RSUP M. Djamil Padang, satu orang di RSUD M. Zein Painan, dan satu orang isolasi mandiri. [*/pkt]


Baca berita Pesisir Selatan terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.