Pasar Raya Padang Fase VII Dibangun Tahun Ini, Telan Dana Rp200 Miliar dari APBN

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Pasar Raya Padang Fase VII bakal dibangun dalam tahun ini juga. Saat ini, Pemko Padang diminta untuk mempersiapkan Detail Engineering Desain (DED), kepemilikan lahan, analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) dan analisis dampak lalu lintas.

Kepastian tentang pembangunan Pasar Raya Padang Fase VII ini diungkapkan Wali Kota Padang, Hendri Septa usai bertemu dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti di Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Dalam pertemuan yang difasilitasi oleh anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade itu, Hendri Septa didampingi sejumlah kepala OPD, yakni Kepala Bappeda Yenni Yuliza, Kepala BKPSDM Arfian, Kepala BPKAD Budi Payan, Kepala Dinas Perdagangan Andree Algamar dan Kepala Dinas PUPR Tri Hadyanto.

Wako Hendri Septa menjelaskan pembangunan Pasar Raya Fase VII ini akan menelan dana sebesar Rp200 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Setelah ini, kata Hendri Septa, Pemko Padang segera melakukan sosialisasi dan relokasi pedagang, menyiapkan pembongkaran bangunan serta juga menyiapkan lembaga pengelolaan pasar.

Baca juga: Berhasil Lobi Pusat, Pemko Padang Bakal Bangun Pasar Belimbing dengan Anggaran Rp4 Miliar

Diketahui, Pasar Raya Fase VII mengalami kerusakan yang cukup berat akibat gempa bumi tahun 2009 silam. Hingga kini, pasar tersebut masih belum diperbaiki. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist