Pasar Bawah Bukittinggi Akan Direvitalisasi, Anggaran Diperkirakan Rp150 Miliar

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pasar Raya Padang Fase VII dan Pasar Bawah Bukittinggi akan direvitalisasi

Padang, Padangkita.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) berencana akan melakukan revitalisasi terhadap 119 pasar rakyat yang ada di seluruh Indonesia, beberapa di antaranya terdapat di Sumatra Barat (Sumbar) seperti Pasar Raya Padang Fase VII dan Pasar Bawah Bukittinggi.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi bersama Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dan Anggota DPR RI, Andre Rosiade usai memantau kondisi bangunan di Pasar Bawah Bukittinggi dan kebutuhan harga bahan pokok menjelang Ramadan di Pasar Bawah Bukittinggi, Senin (5/4/2021).

Lutfi menjelaskan, pihaknya telah merevitalisasi 120 pasar rakyat menggunakan dana tugas pembantuan di tahun 2020. Nantinya setelah direvitalisasi, pasar rakyat diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para pedagangnya.

“Pasar yang telah direvitalisasi juga diharapkan mampu berperan sebagai penyangga ketersediaan bapok, sehingga nantinya akan menjadi barometer stabilisasi harga pangan di tingkat nasional,” katanya.

Ia mengatakan, kenaikan transaksi dari pasar yang nyaman dan sudah direnovasi dengan memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) Pasar Rakyat dan protokol kesehatan (prokes) diharapkan bisa meningkat signifikan.

“Hasil peninjauan kami ke Pasar Bawah akan diteruskan dan dikoordinasikan bersama kementerian teknis terkait untuk membahas rencana revitalisasi, anggaran, dan desain yang layak,” katanya.

Mendag Lutfi menegaskan, program pembangunan dan revitalisasi pasar mendapat perhatian serius pemerintah karena peran strategis pasar rakyat sebagai penggerak perekonomian regional dan nasional.

“Saya melihat pasar ini, teramat sangat harus segera diperbaiki pada kesempatan pertama, kami akan masukkan surat rekomendasi kita ke Kementerian PUPR, segera,” katanya.

Sementara itu, Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Andre Rosiade mengatakan, anggaran yang diajukan untuk pembangunan Pasar Bawah mencapai Rp150 miliar.

Baca Juga: Pasar Ateh Diresmikan Wamen PUPR, Kota Bukittingi Punya Ikon Baru

“Yang diajukan Wako Bukittinggi sekitar Rp400 Miliar, tapi sekali lagi, angka yang direkomendasikan pak Menteri Perdagangan akan ada hasil kajian Menteri PUPR, yang jelas di atas Rp150 miliar,” ucap Andre. [abe]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist