Pasar Aur Kuning Terbakar, Tempat Relokasi Pedagang Dikebut

Penulis:
Pasa Aua Kuning terbakar pagi tadi, Jumat (17/11/2017). (Foto : Ist)

Padangkita.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) mengambil langkah cepat untuk penanggulangan pedagang korban kebakaran Pasar Aur Kuning yang terjadi Jumat, (17/11/2017).

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan akan segera mengadakan rapat bersama walikota Bukittinggi untuk mengambil langkah-langkah penyelamatan terutama kepada para pedagang. Langkah awal yang akan dilakukan oleh pemerintah setempat adalah mencarikan tempat berdagang sementara.

“Kami akan carikan tempat berdagangan lagi. Ini cobaan, kita bisa tabah dan kami upayakan segera pemulihan dan kami buatkan laporan kepada Mendag dan presiden,” kata Wagub kepada wartawan, Jumat (17/11/2017) di Bukittinggi.

Nasrul Abit menjelaskan hal prioritas yang akan dibicarakan adalah mengenai lapak darurat bagi para pedagang. Menurutnya, pedagang kemungkinan besar akan dipindahkan di sebelah blok J yang kosong.

“Barangkali ada anggaran lain yang ditunda untuk dipriotaskan kebakaran. Lapak daruratnya akan kami bicarakan, karena di sebelah Blok J ada yang kosong barangkali akan kami pindahkan untuk sementara,” jelasnya.

Seperti diketahui, pasar grosir konveksi terbesar di Sumatera, Pasar Aur Kuning Bukittinggi Sumatera Barat jumat pagi terbakar. Api berkobar hebat melalap hingga ratusan toko dan kios di tiga lantai pasar. Para pedagang panik menyelamatkan barang dagangan.

Menurut sejumlah saksi mata, kebakaran mulai terlihat dari salah satu toko pukul empat pagi, usai salat subuh. Api menjalar dengan cepat dan membakar toko–toko di sebelahnya.

Kebakaran ini membuat panik warga sekitar. Sejumlah mobil pemadam Pemko Bukittinggi dikerahkan ke lokasi. Selama proses pemadaman, para pedagang nekat menyelamatkan barang dagangan mereka.

Banyaknya bahan yang mudah terbakar, membuat api berkobar cepat. Hingga pukul delapan pagi, api belum bisa dipadamkan di tiga lantai pasar yang terbakar, terutama di Blok D, E dan F.

Kapolres Bukittinggi, AKBP Arly Jembar masih belum bisa memastikan penyebab kebakaran, saat ini petugas masih melokalisir warga dan menjaga pertokoan dari aksi penjarahan.

Pasar Aur Kuning merupakan pasar grosir konveksi terbesar di Sumatera dan jantung perekonomian warga Bukittinggi.

(Aidil Sikumbang)

Terpopuler