Berita

Pasaman Barat Gelar Patroli Skala Besar Jelang Pemilu 2024

×

Pasaman Barat Gelar Patroli Skala Besar Jelang Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

Simpang Empat, Padangkita.com Jelang Pemilu 2024, Polres Pasaman Barat menggelar apel gabungan dan patroli skala besar dihalaman Mapolres setempat untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kabupaten Pasaman Barat, Senin (27/11/2023).

Patroli berskala besar kali ini diawali dengan apel gabungan yang dipimpin oleh Wakapolres Pasaman Barat Kompol Chairul Amri Nasution dan dihadiri juga oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, Kajari Pasaman Barat yang diwakili Kasi Intel Heri Setiawan, Danramil 02/Simpang Empat Kapten Kav. Sumidi, Kasat Pol PP Media Fitra, Kepala Dinas Perhubungan Bakaruddin, Kaban Kesbangpol Dedi Irawan, Danki 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimobda Sumbar Iptu Riska Efki, Basarnas, serta Bawaslu Pasaman Barat.

Kompol Chairul Amri Nasuiton yang membacakan amanat Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki mengatakan bahwa kegiatan patroli berskala besar ini merupakan bentuk pengecekan personel maupun sarana prasarana dalam mendukung Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024, sehingga Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

“Hari ini kami bersama stakeholder dan Instansi terkait melaksanakan patroli skala besar dalam rangka Operasi Mantap Brata, yang merupakan bentuk pengecekan personel termasuk sarana dan prasarana dalam mendukung pelaksanaan Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024,” ungkap Wakapolres.

Wakapolres bersama Forkopimda Pasaman Barat dan Instansi terkait melepas ratusan personel gabungan patroli berskala besar ini di depan Mako Polres Pasaman Barat.

Diketahui, pasukan patroli skala besar ini melibatkan 50 unit kendaraan yang terdiri dari kendaraaan roda enam, roda empat dan sepeda motor yang berpatroli dari Simpang Empat Kecamatan Pasaman menuju Kecamatan Kinali.

Diketahui, personel patroli skala besar ini terdiri dari gabungan personel TNI dari Kodim 0305/Pasaman, personel Polri dari Polres Pasaman Barat dan personel Brimob dari Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimobda Sumbar, anggota Sat Pol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat, anggota Basarnas serta personel dari Instasni terkait lainnya.

Kompol Chairul Amri kembali menjelaskan bahwa salah satu dukungan terhadap suksesnya Operasi Mantap Brata Singgalang tahun ini adalah Polri juga menggelar Operasi Cooling System untuk membangun narasi besar Persatuan dan Kesatuan, serta kemajuan bangsa diatas kepentingan kelompok.

“Hal ini berguna untuk mengantisipasi terjadinya polarisasi akibat berita hoaks, isu SARA, dan black campaign (kampanye gelap) oleh Satgas Anti Money Politics serta Satgas Pemilu Damai,” tambah Wakapolres.

Baca Juga:

Selain itu kegiatan patroli skala besar ini merupakan bentuk sinergitas TNI-Polri, dimana dalam hal ini merupakan satu ikatan yang bisa digerakkan sewaktu-waktu dalam menjaga Kamtibmas serta menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Kabupaten Pasaman Barat dalam menghadapi Pemilu serentak tahun 2024 yang akan datang. [*/hdp]