Pasa Ateh Bukittinggi Diresmikan Pekan Ini Secara Virtual

Penulis: Agg

Bukittinggi, Padangkita.com – Pasa Ateh Bukittinggi direncanakan diresmikan dalam pekan ini juga. Saat ini tinggal menunggu kepastian Menteri PU untuk meresmikan.

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyebutkan, peresmian Pasa Ateh yang bersejarah ini akan dilakukan secara daring. Menteri PU akan memberikan sambutan secara virtual dari Jakarta dan dilanjutkan dengan penekanan tombol dari Pasa Ateh Bukittinggi.

Sebetulnya, kata Ramlan, sebelum Pandemi Covid-19, Pasa Ateh sudah siap diserahterimakan dari pusat ke Pemko Bukittinggi.

Ia menjelaskan, ada 800 kios yang disediakan untuk pedagang dengan perjanjian sewa menyewa.

“Namun, jika nantinya kedapatan malah disewakan lagi kepada orang lain, maka perjanjian sewa menyewa akan dicabut. Termasuk jika kedapatan perjanjian sewa menyewa dijadikan agunan kepada perbankan,” ingat Ramlan saat memimpin rapat persiapan peresmian Pasa Ateh, Selasa (9/6/2020).

Setelah peresmian, lanjut Ramlan, akan ada loting untuk kios pedagang, sesuai dengan jenis dagangan masing-masing. Ramlan pun menginginkan pedagang kaki lima dapat masuk ke Pasa Ateh sehingga lebih tertata rapi.
Khusus untuk Food Court akan diisi oleh makanan tradisonal.

Selain itu, pagar pembatas Pasa Ateh saat ini telah dibuka. Hal ini menjadi salah satu langkah Pemko Bukittinggi, untuk segera memulai operasional Pasa Ateh pada Juli mendatang.

Baca juga: Masa Transisi New Normal, Dinas Dukcapil Padang Tetap Berlakukan Pelayanan Online

Saat ini, kata Ramlan, proses administrasi pengelolaan sementara Pasa Ateh oleh Pemko sedang berjalan. Dalam beberapa hari ke depan, Pemko berharap, surat serah terima telah diserahkan pusat, agar proses lainnya dapat segera dilaksanakan.

“Kita masih tunggu proses serah terima pengelolaan sementara. Sambil menunggu, tentu kita angsur dulu membuka pagar pembatas dan Pasa Ateh dibersihkan kembali lingkungannya, sebelum pedagang masuk nantinya,” ujar Ramlan. [agg]


Baca berita Bukittinggi terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler