Pandemi Covid-19, Wako Padang Klaim Angka Kemiskinan Turun

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Wali Kota Padang, Hendri Septa mengeklaim angka kemiskinan di Kota Padang turun dari 4,48 persen pada 2019 menjadi 4,40 persen pada 2020.

Hal tersebut, kata dia, melebihi target yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 yaitu 4,65 persen.

“Walau di masa pandemi, ternyata kita dapat menurunkan angka kemiskinan,” ujarnya, Selasa (16/11/2021).

Menurut Hendri, angka kemiskinan di Kota Padang mengalami penurunan karena banyak bantuan langsung tunai dan bantuan sembako yang diberikan kepada masyarakat.

“Serta tingginya sikap kegotongroyongan warga Kota Padang,” jelasnya.

Dia menuturkan Pemerintah Kota Padang saat ini melaksanakan beberapa program penanggulangan kemiskinan seperti diamanatkan oleh Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Di antaranya yaitu menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai data sasaran dalam penanggulangan kemiskinan, mensinergikan program yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat dengan pemerintah kota dan antar-organisasi perangkat daerah.

Baca Juga: Dikalahkan PSMS Medan 1-2, Peluang Semen Padang FC Lolos Delapan Besar Makin Tipis

“Saya menyambut baik bahwa program penanggulangan kemiskinan ini telah diprogramkan secara menyeluruh oleh masing-masing OPD di lingkup Pemerintah Kota Padang. Semoga ini hal dapat menurunkan angka kemiskinan di Kota Padang,” ucap Hendri. [pkt/fru]

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist