PAN Sudah Tetapkan 2 Nama Calon Wawako Padang, Tunggu Putusan Resmi DPP

|
Editor: Zulfikar

Padang, Padangkita.com – Partai Amanat Nasional (PAN) sudah mengantongi dua nama calon Wakil Wali Kota (Wawako) Padang. Namun, nama-nama itu masih menjadi pembahasan di Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sumatra Barat (Sumbar) Indra Datuak Rajo Lelo menyebutkan, awalnya PAN sudah menjaring emapt nama calon.

Empat nama calon tersebut yaitu yaitu Wakil Bendahara Umum DPP PAN Ekos Albar, Bendahara DPW PAN Sumbar Dody Delvi, Wakil Ketua DPW PAN Sumbar Asnawi Bahar, dan Wakil Ketua DPRD Padang Amril Amin.

Lalu, setelah proses seleksi, ada dua nama yang dinyatakan lolos untuk direkomendasikan ke DPP PAN. Dua nama tersebut yaitu Ekos dan Amril.

Menurut Indra, bisa saja DPP menyetujui dua nama itu, dan bisa pula satu orang.

“Kalaupun ada penambahan nama eksternal nanti, kita serahkan ke DPP,” ujar Indra saat ditemui wartawan di Kantor DPRD Sumbar, Kamis (2/9/2021).

Meskipun dekimian, Indra mengaku belum mengetahui kapan keputusan DPP keluar dan pihaknya masih menunggu hasil dari DPP untuk calon Wawako Padang tersebut.

“Jika sudah ada nanti, kita bicarakan dengan Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah Kota Padang) juga Wali Kota Padang Pak Hendri Septa, nanti baru kita bahas,” ungkapnya.

Diketahui, kursi Wakil Wali Kota Padang sudah lama kosong. Jika dihitung sejak Mahyeldi Ansharullah—yang sebelumnya Wali Kota Padang—naik kasta menjadi Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Februari 2021 lalu, berarti sudah hampir tujuh bulan kursi wakil wali kota itu tak bertuan.

Selama itu pula, Hendri Septa sebagai Wali Kota—mulai dari pelaksana tugas hingga definitif awal April lalu—bekerja sendiri tanpa pendamping.

Pembicaraan soal pengisian Wakil Wali Kota Padang ini sempat ramai setelah Hendri Septa dilantik menjadi Wali Kota Padang definitif April 2021 lalu.

Partai pengusung yakni Partai Keadilan Sekahtera (PKS) yang merasa lebih berhak atas jabatan itu, langsung membahas calon yang akan diusulkan.

Setelah proses pembahasan hingga ke tingkat DPP, PKS kini sudah punya 2 nama calon yakni, Mulyadi Muslim dan Muharlion.

Ketua Fraksi PKS DPRD Padang Muharlion mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu komunikasi dari PAN terkait kursi Wakil Wali Kota Padang.

Ibarat permainan sepak bola, PKS telah mengoper bola tetapi kini bola mati di kaki PAN.

Baca juga: Soal Calon Wawako Padang, DPRD: Kami Sudah Minta PAN dan PKS Segera Ajukan Nama

“Sekarang bola itu ada di PAN. Kami sudah berulang kali meminta pertemuan untuk membahas,” ujar Muharlion saat dihubungi Padangkita.com beberapa waktu lalu. [zfk]

Terpopuler

Add New Playlist